Keefektifan konseling kelompok behavioral teknik self-management untuk meningkatkan kemampuan manajemen waktu siswa SMA Islam Almaarif Singosari Malang yang tinggal di pondok pesantren / Sayyidah Hafshah Husainiah - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan konseling kelompok behavioral teknik self-management untuk meningkatkan kemampuan manajemen waktu siswa SMA Islam Almaarif Singosari Malang yang tinggal di pondok pesantren / Sayyidah Hafshah Husainiah

Husainiah, Sayyidah Hafshah (2020) Keefektifan konseling kelompok behavioral teknik self-management untuk meningkatkan kemampuan manajemen waktu siswa SMA Islam Almaarif Singosari Malang yang tinggal di pondok pesantren / Sayyidah Hafshah Husainiah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pondok pesantren merupakan salah satu bentuk lembaga pendidikan non formal yang bergerak di bidang keagamaan. Peserta didik dalam pondok pesantren biasa disebut santri. Manajemen waktu menjadi salah satu permasalahan yang sering terjadi pada peserta didik di pondok pesantren. Selain harus menyeimbangkan kegiatan pondok dan sekolah formal peserta didik juga kurang bisa menggunakan waktu luang dengan baik sehingga merugikan dirinya dengan tidak terselesaikannya tugas baik di pondok maupun di sekolah. Salah satu upaya yang akan peneliti lakukan untuk meningkatkan kemampuan manajemen waktu adalah menggunakan konseling kelompok behavioral teknik self-management. Tujuan penelitian untuk mengetahui keefektifan konseling kelompok behavioral teknik self-management untuk meningkatkan kemampuan manajemen waktu siswa SMA Islam Almaarif Singosari Malang yang tinggal di pondok pesantren. Jenis penelitian menggunakan Pre Experimential model one group pre-test and post-test design. Subjek penelitian lima orang siswa SMA Islam Almaarif Singosari yang memiliki kemampuan manajemen waktu rendah dari hasil skala manajemen waktu. Teknik analisis data menggunakan dua metode yaitu statistik deskriptif untuk memberikan gambaran atas deskripsi manajemen waktu sebelum dan sesudah diberikan perlakuan (treatment) dan statistik nonparametris dengan menggunakan uji Wilcoxon Sign Ranks Test untuk menguji hipotesis komparatif. Hasil penelitian memaparkan konseling kelompok teknik self- management efektif untuk meningkatkan manajemen waktu siswa SMA yang tinggal di pondok pesantren. Hal tersebut didasarkan pada hasil skor manajemen waktu yang diberikan sebelum dan sesudah intervensi mengalami peningkatan. Hasil analisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test terhadap skor pre-test dan skor post-test kelima subjek. Nilai Asymp Sig.(2-tailed) sebesar 0 042 lt 0 05 hal tersebut menjunjukkan bahwa penerapan konseling kelompok teknik self-management dalam konseling kelompok behavioral efektif untuk meningkatkan manajemen waktu. Saran penelitian ini (1) konselor dapat menggunakan konseling kelompok behavior teknik self-management untuk dapat membantu siswa meningkatkan manajemen waktu (2) Bagi peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian lebih luas populasinya atau menguji coba keefektifan konseling kelompok teknik self-management dengan rancangan eksperimen murni.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/195450

Actions (login required)

View Item View Item