Pengembangan media tridi board game untuk mencegah tindakan perundungan pada siswa kelas VIII SMPN 23 Malang / Alfian Sukmabrata - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media tridi board game untuk mencegah tindakan perundungan pada siswa kelas VIII SMPN 23 Malang / Alfian Sukmabrata

Sukmabrata, Alfian (2020) Pengembangan media tridi board game untuk mencegah tindakan perundungan pada siswa kelas VIII SMPN 23 Malang / Alfian Sukmabrata. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk media tridi board game untuk mencegah tindakan perundungan pada siswa kelas VIII SMPN 23 Malang. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian dan pengembangan. Tahap penelitian ini melalui 5 tahap yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data (2) perencanaan (3) pengembangan desain produk (4) uji coba lapangan (5) revisi hasil uji coba. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara konselor. Pengembangan produk menggunakan software coreldraw dan software unity. Data dianalisis menggunakan Inter-rater Agreement Model. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa media mendapatkan nilai indeks uji ahli materi 1 ahli media 1 dan calon pengguna (konselor) 0 87. Semua nilai ini ada pada interval 0 76 ndash 1 00 artinya media tridi board game merupakan media yang sangat layak digunakan untuk membantu konselor memberikan layanan dengan tema pencegahan tindakan perundungan di SMPN 23 Malang. Saran dari hasil penelitian ini adalah pentingnya konselor membaca buku panduan sebelum menggunakan media tridi board game. Kemudian bagi peneliti selanjutnya adalah menguji keefektifan media untuk mencegah perundungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/195439

Actions (login required)

View Item View Item