Hubungan konsep diri dan persepsi pola asuh demokratis dengan penerimaan diri siswa SMA Negeri 7 Malang / Ica Siervani - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan konsep diri dan persepsi pola asuh demokratis dengan penerimaan diri siswa SMA Negeri 7 Malang / Ica Siervani

Siervani, Ica (2020) Hubungan konsep diri dan persepsi pola asuh demokratis dengan penerimaan diri siswa SMA Negeri 7 Malang / Ica Siervani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Siervani Ica. 2020. Hubungan Konsep Diri dan Persepsi Pola Asuh Demokratis dengan Penerimaan Diri Siswa SMA Negeri 7 Malang. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Program Studi S1 Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. M. Ramli M. A (II) Dra. Elia Flurentin M.Pd. Kata kunci konsep diri pola asuh demokratis dan penerimaan diri. Remaja yang berada pada jenjang SMA memiliki tugas perkembangan yang harus dicapai yaitu dalam aspek pengembangan pribadi berkaitan dengan menerima dirinya dari segi fisik psikologis dan lingkungan sosial. Penerimaan diri adalah kemampuan individu dalam menerima diri apa adanya secara positif sehingga individu mampu menerima kondisi-kondisi dalam hidupnya yaitu penerimaan akan kondisi fisik psikologis dan lingkungan sekitarnya. Dalam proses pembentukan penerimaan diri dipengaruhi beberapa faktor yaitu konsep diri dan pola asuh yang baik pada masa kanak-kanak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri persepsi pola asuh demokratis dan penerimaan diri. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SMA Negeri 7 Malang yang terdiri dari kelas X X1 dan X11. Sampel diambil dengan menggunakan probability sampling dengan jumlah sampel 92 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala konsep diri skala persepsi pola asuh demokratis dan skala penerimaan diri. Skala tersebut sudah memenuhi uji validitas item le 0 05 dan uji reliabilitas alpha ge 0 6. Data dianalisis menggunakan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut (1) terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan penerimaan diri siswa di SMA Negeri 7 Malang (2) terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi pola asuh demokratis dengan penerimaan diri siswa di SMA Negeri 7 Malang (3) terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dan persepsi pola asuh demokratis secara bersama-sama dengan penerimaan diri siswa di SMA Negeri 7 Malang (4) sumbangan efektif konsep diri terhadap penerimaan diri sebesar 55% sumbangan efektif persepsi pola asuh demokratis terhadap penerimaan diri sebesar 5 3% dan sumbangan efektif konsep diri dan persepsi pola asuh demokratis secara bersama-sama dengan penerimaan diri sebesar 60 3%. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan sebagai berikut (1) hasil penelitian sebagai rujukan yang mengacu pada layanan BK dalam upaya memfasilitasi individu mengembangkan potensi individu khususnya dalam bidang pribadi sosial yaitu penerimaan diri (2) informasi bagi guru BK untuk mengembangkan konsep diri siswa dengan pemberian layanan secara klasikal dan membantu orangtua meningkatkan pola asuh demokratis seperti orangtua memberikan kesempatan kepada anak untuk berpendapat dan (3) bagi peneliti selanjutnya perlu melakukan penelitian yang mencakup deskripsi penerimaan diri siswa tingkat sekolah menengah atas secara lebih luas dan mendalam tidak hanya ditinjau dari konsep diri dan pola asuh demokratis namun dari berbagai aspek baik dalam diri maupun luar diri individu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/195437

Actions (login required)

View Item View Item