Pengembangan panduan pelatihan asertif untuk mengurangi perilaku agresif verbal siswa SMKN 2 Malang / Desy Freryani Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan pelatihan asertif untuk mengurangi perilaku agresif verbal siswa SMKN 2 Malang / Desy Freryani Rahmawati

Rahmawati, Desy Freryani (2020) Pengembangan panduan pelatihan asertif untuk mengurangi perilaku agresif verbal siswa SMKN 2 Malang / Desy Freryani Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rahmawati Desy Freryani. 2020. Pengembangan Panduan Pelatihan Asertif untuk Mengurangi Perilaku Agresif Verbal Siswa SMKN 2 Malang. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Ella Faridati Zen M. Pd. (II) Dr. H. IM. Hambali M. Pd. Kata Kunci agresif verbal pelatihan asertif siswa SMK Agresif verbal merupakan perilaku yang dimunculkan dalam bentuk kata-kata kasar seperti teriakan hinaan cemoohan makian kritikan dan kata-kata kasar lainnya. Perilaku agresif verbal memiliki dampak negatif bagi pelaku maupun korban. Pelaku memiliki konsep diri yang buruk sehingga mengalami kesulitan dalam berhubungan sosial dengan teman-teman sebayanya. Begitupun dengan korban yang merasa ketakutan dan terganggu terhadap pelaku agresif verbal. Ada beberapa teknik yang dapat digunakan untuk membantu mengurangi permasalahan ini salah satunya yaitu pelatihan asertif. Pelatihan asertif melatih siswa untuk mengekspresikan kemarahan dengan benar dan belajar untuk tidak mudah tersinggung. Ketika seseorang sudah mampu menguasai keterampilan asertif maka seseorang tersebut tidak akan berperilaku agresif verbal. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan panduan pelatihan asertif untuk mengurangi perilaku agresif verbal siswa SMKN 2 Malang yang berterima secara teoritis maupun praktis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan mengadaptasi dari model pengembangan Borg amp Gall (1983). Namun dalam penerapannya peneliti hanya melakukan sampai tahap kelima yaitu melakukan revisi produk utama. Hal ini karena keterbatasan waktu yang dimiliki oleh peneliti. Validasi produk menggunakan dua subjek validasi yaitu validasi ahli dan calon pengguna produk. Validasi ahli dan calon pengguna produk (konselor) menggunakan angket skala penilaian. Jenis data ada dua yaitu data kuantitatif dan data deskriptif. Data kuantitatif dianalisis menggunakan rerata sedangkan data kualitatif deskriptif dianalisis berdasarkan masukan saran dan komentar pada lembar saran. Berdasarkan hasil validasi ahli materi ahli media serta calon pengguna produk dapat diketahui bahwa produk yang dikembangkan berupa panduan untuk konselor dan buku kegiatan siswa secara keseluruhan memperoleh nilai rata-rata 3 81 dan 3 7. Interpretasi dari penilaian tersebut memiliki makna bahwa panduan yang dikembangkan sangat layak digunakan. Dengan demikian panduan pelatihan asertif untuk mengurangi perilaku agresif verbal siswa SMK dapat digunakan oleh konselor sebagai media dalam pemberian layanan bimbingan dan konseling. Saran bagi konselor mempelajari terlebih dahulu isi dari panduan sebelum memberikan pelatihan kepada siswa dengan cara memahami petunjuk penggunaan dan prosedur pelatihan asertif. Sedangkan saran bagi peneliti selanjutnya hendaknya melakukan eksperimen untuk mengetahui keefektifan panduan guna memperoleh hasil lebih akurat dan dapat melanjutkan sampai tahapan uji keefektifan pada penelitian dan pengembangan Borg amp Gall.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 May 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/195431

Actions (login required)

View Item View Item