Achievement motivation siswa dari keluarga broken home (studi fenomenologi siswa sma negeri 1 malang) / Ifa Retno Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Achievement motivation siswa dari keluarga broken home (studi fenomenologi siswa sma negeri 1 malang) / Ifa Retno Putri

Putri, Ifa Retno Putri (2021) Achievement motivation siswa dari keluarga broken home (studi fenomenologi siswa sma negeri 1 malang) / Ifa Retno Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi berprestasi siswa dari keluarga broken home di SMA Negeri 1 Malang. Fokus penelitian meliputi pemaknaan siswa tentang broken home ciri-ciri motivasi berprestasi dan faktor-faktor motivasi berprestasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain studi fenomenologi. Pengambilan data dengan teknik wawancara observasi dan studi dokumentasi. Analisis data melalui tahap reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pemaknaan broken home menurut subjek adalah keretakan perpecahan dan ketidakharmonisan dalam keluarga sehingga membuat suasana tidak nyaman dan berakibat timbul kesenjangan antar anggota keluarga. Kondisi broken home tidak membuat subjek berkecil hati justru mereka menunjukkan gambaran ciri-ciri orang yang memiliki motivasi berprestasi yang tinggi terlihat dalam sikap tanggung jawab sikap mempertimbangkan resiko sikap menerima umpan balik dan kreatif. Faktor yang mempengaruhi motivasi berprestasi siswa dari keluarga broken home adalah adanya dukungan dari orang terdekat keluarga (ibu nenek saudara) guru (wali kelas guru BK) dan teman dekat serta adanya konsep diri positif yang tertanam dalam diri siswa untuk sukses.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/195396

Actions (login required)

View Item View Item