Hubungan antara intensitas penggunaan media sosial instagram dengan perilaku prokrastinasi akademik pada mahasiswa bimbingan dan konseling di universitas negeri malang / Sri Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara intensitas penggunaan media sosial instagram dengan perilaku prokrastinasi akademik pada mahasiswa bimbingan dan konseling di universitas negeri malang / Sri Wahyuni

Wahyuni, Sri Wahyuni (2021) Hubungan antara intensitas penggunaan media sosial instagram dengan perilaku prokrastinasi akademik pada mahasiswa bimbingan dan konseling di universitas negeri malang / Sri Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Intensitas penggunaan media sosial Instagram adalah seberapa sering seseorang dalam menghabiskan waktunya pada suatu aktivitas tertentu yang dilakukan secara sadar dan rasa senang. Rasa senang tersebut akan mendorong seseorang untuk mengulagi melakukan aktivitas tersebut secara terus menerus. Pengulangan aktivitas yang dilakukan secara terus menerus akan menyebabkan intensitas yang berlebihan dalam penggunaan media sosial yang mana dapat memicu munculnya perilaku prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Hasil dari penelitian ini dapat membantu dosen dan konselor di perguruan tinggi untuk mengetahui intensitas penggunaan media sosial Instagram mahasiswa dan tingkat prokrastinasi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) intensitas penggunaan media sosial Instagram pada mahasiswa BK di Universitas Negeri Malang (2) tingkat prokrastinasi pada mahasiswa BK di Universitas Negeri Malang (3) hubungan antara intensitas penggunaan media sosial Instagram dengan perilaku prokrastinasi akademik pada mahasiswa BK di Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif korelasional. Populasi yang digunakan ialah mahasiswa BK Universitas Negeri Malang angkatan 2018 2019 dan 2020 sampel yang diambil sebanyak 140 orang mahasiswa yang didapat dengan menggunakan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Untuk mengukur intensitas penggunaan media sosial Instagram dan prokrastinasi akademik peneliti menggunakan skala intensitas penggunaan media sosial dan prokrastinasi akademik yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Uji validitas penelitian ini menggunakan validitas konstruk yang mana didapat dengan cara mengkorelasi skor pada tiap item pernyataan dengan skor total dari keseluruhan item pernyataan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Pearson Product Moment Correlation (r) dengan menggunakan bantuan aplikasi IBM SPSS Versi 26. Hasil dari penelitian ini menginformasikan bahwa (1) intensitas penggunaan media sosial Instagram pada mahasiswa BK di Universitas Negeri Malang secara umum termasuk dalam kategori sedang dengan persentase sebesar 69 3% (2) tingkat prokrastinasi akademik yang dialami mahasiswa BK di Universitas Negeri Malang secara umum termasuk dalam kategori sedang dengan persentase sebesar 85 7%. (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara intensitas penggunaan media sosial Instagram dengan perilaku prokrastinasi akademik pada mahasiswa BK di Universitas Negeri Malang dengan nilai signifikansi sebesar 0 000 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0 485. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan saran untuk mahasiswa diharapkan dapat menggunakan media sosial Instagram secara benar dan bijak baik sebagai media pendukung dalam pembelajaran media untuk menyalurkan hobi ataupun sebagai media hiburan semata serta mengetahui batasan waktu yang digunakan dalam mengakses media sosial Instagram. Selain itu hendaknya mahasiswa mampu menentukan prioritas dalam menjalani segala bentuk kegiatan baik itu dalam bidang akademik maupun non akademik sehingga seluruh tugas dan tanggung jawab yang dimiliki dapat dilaksanakan secara optimal. Bagi Pusat Pengembangan Bimbingan Konseling Karier dan Kompetensi Akademik (P2BK3A) Universitas Negeri Malang selaku lembaga yang melaksanakan kegiatan layanan BK di Universitas Negeri Malang diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam mengembangkan kemampuannya pada bidang akademik dan meminimalisir tingginya intensitas penggunaan media sosial yang dapat menyebabkan prokrastinasi akademik. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menggunakan indikator lain yang menjadi faktor penyebab terjadinya perokrastinasi akademik agar mengetahui hal baru yang akan menunjunjang keberagaman hasil penelitian yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/195395

Actions (login required)

View Item View Item