Pengembangan media cyber motivation untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam belajar / ROHMAWATI YUNIASARI - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media cyber motivation untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam belajar / ROHMAWATI YUNIASARI

Yuniasari, Rohmawati Yuniasari (2021) Pengembangan media cyber motivation untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam belajar / ROHMAWATI YUNIASARI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Yuniasari Rohmawati. 2021. Pengembangan Media Cyber Motivation untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa dalam Belajar. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pedidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Adi Atmoko M.Si (II) Dra. Elia Flurentin M.Pd. Kata Kunci Cyber motivation kepercayaan diri belajar Kepercayaan diri remaja dalam melaksanakan pembelajaran di kelas selama pandemi covid-19 mengalami penurunan yang disebabkan oleh dialihkannya belajar tatap muka menjadi belajar di rumah. Belajar di rumah secara online yang memanfaatkan media seperti google whatsapp dan youtube serta media lain menimbulkan perubahan sikap siswa selama pembelajaran. Berdasarkan data yang diperoleh di SMP Negeri 6 Malang siswa melaksanakan pembelajaran secara online kurang memperhatikan guru tidak mengaktifkan kamera pasif dalam bertanya maupun menjawab pertanyaan dan tidak mengumpulkan tugas tepat waktu. Hasil pengambilan data siswa dengan kuesioner juga menunjukkan kepercayaan diri siswa rata-rata pada level cukup hal ini sejalan dengan pengamatan yang dilakukan secara langsung di sekolah. Kepercayaan diri merupakan suatu keyakinan individu atas dirinya kekurangan dan kelebihan yang dimiliki. Kepercayaan diri perlu ditingkatkan untuk membantu individu dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Faktor yang mempengaruhi percaya diri ada banyak hal salah satunya adalah motivasi diri sehingga perlu menanamkan motivasi terhadap diri sendiri sehingga menumbuhkan kepercayaan diri pada setiap indvidu. Aspek percaya diri seperti optimis memahami kemampuan diri berani mengungkapkan pendapat dan tanggung jawab perlu ditingkatkan oleh individu terutama ketika presentasi dan belajar dikelas. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan media bimbingan dan konseling untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam prestasi belajar. Pada era sekarang teknologi banyak diminati sehingga peneliti membuat sebuah inovasi media yang dikembangkan untuk membantu siswa dan konselor dalam memenuhi kebutuhan layanan bimbingan dan konseling. Penelitian dirancang menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan atau research and development (RnD). Berdasarkan pendekatan ini prosedur yang digunakan peneliti mengadaptasi delapan dari sepuluh prosedur dari Borg amp Gall yaitu (1) Menentukan masalah penelitian. (2) Perencanaan penelitian (3) Mengembangkan produk (4) Pengujian prototipe produk (5) Revisi produk awal (6) Uji calon pengguna (7) Revisi produk (8) Produk akhir. Hasil dari penelitan berupa media aplikasi yang berbasis website ini diberi nama cyber motivation merupakan aplikasi yang memuat isi motivasi dan kiat-kiat untuk percaya diri. Aplikasi berbasis website yang memiliki URL untuk pengguna http //cybermotivation.id/ dan untuk admin cybermotivation.id/admin/. Produk dilengkapi dengan buku panduan sebagai petunjuk penggunaan produk dan mempermudah pengguna. Aplikasi telah dinyatakan layak oleh uji ahli materi media dan uji coba pengguna. Media aplikasi cyber motivation menyajikan video ilustrasi bimbingan dan refleksi dari layanan bimbingan yang dilakukan dengan media ini. Media diciptakan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam belajar dan mengembangkan inovasi media bimbingan dan konseling dalam memberikan layanan kebutuhan siswa. Konselor perlu memahami buku panduan yang telah dibuat sebagai pelengkap aplikasi sehingga dapat memberikan arahan kepada siswa dengan benar. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan peneliti memberikan saran yaitu (1) bagi pengguna/ konseli mengikuti layanan sesuai dengan rencana pelaksanaan layanan dan media yang digunakan untuk meningkatkan kepercayaan diri dapat maksimal (2) bagi konselor memahami petunjuk penggunaan media sehingga dapat membantu melayani kebutuhan percaya diri siswa dengan lancar (3) bagi peneliti selanjutnya melakukan uji efektifitas untuk produk aplikasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/195393

Actions (login required)

View Item View Item