Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pekerja yang putus sekolah di desa wisata pujon kidul / Patrick Glenn - Repositori Universitas Negeri Malang

Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pekerja yang putus sekolah di desa wisata pujon kidul / Patrick Glenn

Glenn, Patrick Glenn (2021) Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pekerja yang putus sekolah di desa wisata pujon kidul / Patrick Glenn. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sektor Pariwisata merupakan salah satu sektor yang berkembang pesat saat ini. Manfaat ekonomi yang besar menjadi salah satu alasan pemerintah Indonesia mengembangkan dan meningkatkan fasilitas pariwisata yang dimiliknya salah satunya yang terjadi di Desa Wisata Pujon Kidul. Pengelolaan wisata yang dilakukan oleh masyarakat lokal mengakibatkan banyak pekerja wisata yang merupakan masyarakat usia muda akan lebih memilih untuk menjadi pekerja wisata daripada melanjutkan pendidikan. Penelitian sebelunya terbatas menjelaskan mengenai faktor terjadi putus sekolah di wilayah ekonomi instan di beberapa lokasi yakni 1) Kawasan Tambang Timah di Desa Payak 2) Kawasan Tambang Pasir Desa Kedawung Blitar 3) Kampung Wara. Belum ada yang membahas di wilayah kawasan pariwisata. Penelitian ini berupaya untuk mengisi celah informasi tersebut mengenai pengaruh kondisi putus sekolah di Desa Wisata Pujon Kidul. Oleh karena itu studi tentang fenomena putus sekolah yang ada di Desa Wisata Pujon Kidul menjadi penting untuk mengkaji pengaruh kondisi sosial terhadap putus sekolah dan variabel yang paling berpengaruh secara explanatory. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksplanatori. Pendekatan ini digunakan untuk menjelaskan pengaruh antara kondisi terhadap variabel putus sekolah yang ada di Desa Wisata Pujon Kidul. Populasi pekerja wisata sebanyak 123 dan sampel didapat sebanyak 86 pekerja wisata. Sampel ditentukan berdasarkan Nomogram King dengan tingkat kesalahan 5% dan diperoleh sampel 86 orang. Analisis penelitian ini menggunakan regresi linear berganda. Pengolahan data dilakukan melalui beberapa tahap yaitu editing coding scoring tabulating. Untuk menguji hipotesis yang ada harus dilakukan uji asumsi klasik untuk pemenuhan syarat maka dilakukan melalui uji normalitas linearitas multikolinearitas heteroskedasitisitas. Hasil uji hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan regresi linear berganda didapat nilai Signifikan (X1) Pendidikan orang tua sebesar 0 959 (X2) jumlah anak yang masih ditanggung sebesar 0 541 (X3) jenis pekerjaan orang tua sebesar 0 697 (X4) tingkat pendapatan orang tua sebesar 0 167. Dari keempat variabel yang telah di ujikan mendapat nilai lebih besar dari 0 05 berarti H0 ditolak yang berarti H1 diterima yang menyatakan setiap variabel (X) berpengaruh terhadap (Y). Penelitian ini terbatas pada pengukuran kondisi sosial dengan variabel pendidikan orang tua jumlah tanggungan anak jenis pekerjaan orang tua dan tingkat pendapatan orang tua terhadap keputusan putus sekolah pekerja di Desa Wisata Pujon Kidul. Penelitian ini hanya mampu menggambarkan secara garis besar variabel dari kondisi mana yang berpengaruh terhadap keputusan tersebut. Hasil penelitian ini memberikan rekomendasi pada penelitian selanjutnya terkait alasan anak untuk tidak melanjutkan pendidikan serta pengaruh kondisi fisik (aksesbiltas) terhadap putus sekolah di Desa Wisata Pujon Kidul.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/195386

Actions (login required)

View Item View Item