Peran pekerja sosial Panti Werdha unit pelayanan teknis pelayanan sosial Tresna Werdha Blitar / Retno Eva Arifin - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran pekerja sosial Panti Werdha unit pelayanan teknis pelayanan sosial Tresna Werdha Blitar / Retno Eva Arifin

Arifin, Retno Eva (2020) Peran pekerja sosial Panti Werdha unit pelayanan teknis pelayanan sosial Tresna Werdha Blitar / Retno Eva Arifin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Arifin Retno Eva. 2020. Peran Pekerja Sosial Panti Werdha Unit Pelayanan Teknis Pelayanan Sosial Tresna Werdha Blitar. Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. I Nyoman Ruja S.U (II) I Dewa Putu Ekasasnanda S.Ant. M.A Kata Kunci Pekerja Sosial Panti Werdha Pelayanan Sosial Lansia Era globalisasi yang serba sibuk memunculkan sikap individualis di kalangan generai muda. Kesibukan dan rasa individualis membuat banyak manusia lanjut usia dilantarkan keluarganya dan menjadi beban tanggungan pemerintah. Unit Pelayanan Teknis Sosial Tresna Werdha (UPT PSTW) kota Blitar didirikan untuk menampung manusia lanjut usia di Kota Blitar. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji (1) Bagaimana latar belakang lansia di Panti Werdha UPT PSTW Beru Wlingi Kabupaten Blitar (2) Bagaimana upaya pekerja sosial dalam mensejahterakan lansia di UPT PSTW Blitar dan (3) Apa motif pekerja sosial bekerja di Panti Werdha UPT PSTW Beru Wlingi Kabupaten Blitar. Untuk mendapatkan informai peneliti mengadakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah lansia dan pekerja sosial di UPT PSTW. Informasi digali dengan menggunakan metode observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menemukan bahwa (1) lansia yang berada berada di UPT PSTW merupakan manusia lanjut usia yang berkategori miskin dan ditelantarkan oleh keluarganya. Mereka ditelantarkan karena mempunyai masa lalu yang kelam dan tidak cocok dengan anak dan menantu. (2) Pemerintah mendirikan UPT PSTW untuk menampung para lansia yang tidak beruntung. Para lansia yang berada di UPT PSTW di rawat dan di asuh oleh pekerja sosial dengan di berikan jadwal aktivitas 24 jam meliputi kegiatan fisik rohani dan sosial agar tetap sehat dan berbahagia dengan kehidupannya. (3) motif pekerja sosial bekerja di UPT PSTW sebagai fasilitator bagi kaum lanjut usia. Para pekerja memiliki keinginan untuk memenuhi kebutuhan hidup sambil melakukan hal yang baik sesama manusia dalam hal ini para lanjut usia. Melalui bekerja sosial ingin mendapatkan kebahagian dunia dan akhirat. Penelitian ini disarankan mampu menjadi bahan rujukan untuk program studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial tentang kondisi kaum lansia dan motivasi para pekerja sosial. Peneliti selanjutnya diharapkan melakukan kajian yang sedikit berbeda dengan peneitian ini yaitu pada hubungan sosial antar sesama lansia di UPT PSTW. Hal ini perlu dilakukan karena terkadang kebahagaian lansia di UPT PSTW terganggu oleh konflik sosial dengan sesama penghuni UPT PSTW.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/195383

Actions (login required)

View Item View Item