Regenerasi pengrajin batik di desa ngentrong kecamatan karangan kabupaten trenggalek / Febty Andini Dwi Rosita - Repositori Universitas Negeri Malang

Regenerasi pengrajin batik di desa ngentrong kecamatan karangan kabupaten trenggalek / Febty Andini Dwi Rosita

Rosita, Febty Andini Dwi Rosita (2021) Regenerasi pengrajin batik di desa ngentrong kecamatan karangan kabupaten trenggalek / Febty Andini Dwi Rosita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Batik diminati masyarakat karena proses pembuatan yang unik dan memerlukan keahlian khusus. Saat ini jumlah pengrajin batik berkurang karena minimnya generasi muda yang berminat menjadi pengrajin batik. Regenerasi dilakukan untuk menumbuhkan generasi baru pengrajin batik.Sentra batik di Desa Ngentrong memiliki jumlah pengrajin sedikit kondisi ini terjadi karena minimnya masyarakat yang menjadi pengrajin batik. Adapun tujuan penelitian ini yaitu 1) Menganalisis penyebab penurunan jumlah pengrajin batik di Desa Ngentrong 2) Menganalisis upaya pengrajin batik dan pemilik usaha batik melakukan regenerasi pengrajin batik di Desa Ngentrong dan 3) Menganalisis faktor pendorong dan faktor penghambat dalam melakukan regenerasi pengrajin batik di Desa Ngentrong. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan desain studi kasus. Lokasi penelitian di Desa Ngentrong Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek. Data penelitian terdiri dari sumber primer dan sumber sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu informan kunci dan informan pendukung. Model interaktif Miles Huberman dan Saldana dipilih sebagai teknik analisis dari penelitian. Hasil penelitian menyatakan bahwa penyebab sentra batik di Desa Ngentrong mengalami penurunan pengrajin karena faktor internal dan faktor eksternal. Pengrajin batik rata-rata sudah tua dan minimnya generasi muda yang menjadi pengrajin batik karena memilih merantau atau bekerja di bidang lain.Upaya regenerasi dilakukan secara formal dan nonformal. Regenerasi yang dilakukan meliputi memberikan pelatihan membatik kepada keluarga membimbing Ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan remaja mengajak peserta pelatihan bekerja menjadi karyawan batik membimbing karyawan batik memberikan jasa kursus dengan biaya terjangkau dan mengikuti pelatihan membatik di luar kota. Faktor pendorong regenerasi yaitu peningkatan kesejahteraan pengrajin batik keinginan membuat sentra batik menjadi berkembang dan keinginan mengajak generasi muda menjadi pengrajin batik. Adapun faktor penghambat yang perlu disikapi dengan bijak yaitu minimnya pengrajin belajar membatik proses belajar membatik memerlukan waktu yang lama dan pengrajin batik memilih bekerja di sektor lain. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka saran untuk peneliti selanjutnya yaitu membahas upaya pemerintah dalam melestarikan batik Trenggalek dengan melibatkan pengrajin batik untuk kemajuan wisata budaya di Kabupaten Trenggalek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/195360

Actions (login required)

View Item View Item