Pengembangan bahan ajar e-modul tentang perjuangan perempuan tahun 1928-1949 dalam bidang sosial-politik di Indonesia untuk pembelajaran sejarah siswa kelas X TKI 6 di SMK Negeri 5 Malang / Safira Putri Huriya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar e-modul tentang perjuangan perempuan tahun 1928-1949 dalam bidang sosial-politik di Indonesia untuk pembelajaran sejarah siswa kelas X TKI 6 di SMK Negeri 5 Malang / Safira Putri Huriya

Huriya, Safira Putri (2020) Pengembangan bahan ajar e-modul tentang perjuangan perempuan tahun 1928-1949 dalam bidang sosial-politik di Indonesia untuk pembelajaran sejarah siswa kelas X TKI 6 di SMK Negeri 5 Malang / Safira Putri Huriya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran sejarah merupakan pembelajaran yang berkaitan erat dengan kegiatan membaca sehingga guru perlu memberi pehatian lebih terhadap kegiatan tersebut. Di SMK Negeri 5 Malang ditemukan permasalahan bahwa siswa tidak dapat memaksimalkan kegiatan membaca karena sekolah hanya meminjami buku teks pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung dan pada saat jam pelajaran selesai maka siswa harus mengembalikan buku tersebut ke perpustakaan sekolah. Selain itu pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung siswa lebih sering menggunakan handphone saat pembelajaran berlangsung maka dari itu perlu dikembangkan bahan ajar yang kreatif dan inovatif dengan memanfaatkan handphone sebagai sarananya. E-modul ini akan memuat materi tentang Perjuangan Perempuan Tahun 1928-1949 dalam bidang sosial-politik di Indonesia. Materi tersebut dapat menambah wawasan bagi siswa terhadap perjuangan-perjuangan yang dilakukan oleh pejuang perempuan. Tujuan dari pengembangan dan penelitian ini adalah menghasilkan e-modul tentang Perjuangan Perempuan tahun 1928-1949 dalam Bidang Sosial-Politik di Indonesia untuk siswa kelas X TKI 6 di SMK Negeri 5 Malang sebagai penunjang dalam kegiatan pembelajaran sejarah. Dalam penelitian dan pengembangan ini digunakan untuk menghasilkan produk berupa e-modul untuk siswa kelas X TKI 6 SMK Negeri 5 Malang terhadap materi sejarah tentang perjuangan perempuan yang terdapat di dalam e-modul. Metode yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan e-modul ini ialah metode penelitian dan pengembangan model ADDIE dalam model ini terdapat lima tahapan yaitu Analyze (Analisis Kebutuhan) Design (Desain) Development (Pengembangan) Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Instrumen pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara angket dan observasi di kelas. Produk yang dihasilkan pada penelitian dan pengembangan ini adalah e-modul pembelajaran sejarah dengan mater Perjuangan Perempuan tahun 1928-1949 dalam Bidang Sosial-Politik di Indonesia dalam bentuk aplikasi di handphone android.Produk tersebut telah melalui tahapan validasi ahli materi dan ahli media. Hasil validasi dari ahli materi menunjukkan persentase sebesar 94% dan hasil validasi media dengan persentase 90 58%. Kedua hasil validasi menunjukkan bahwa e- modul tersebut dinyatakan valid dan dapat diuji cobakan di sekolah. Berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil di kelas X BB 2 menunjukkan persentase 85 8% dan uji coba kelompok besar di kelas X TKI 6 menunjuukan persentase 94 5%. Berdasarkan uji coba kelompok kecil dan kelompok besar di kelas yang berbeda tersebut didapatkan selisih sebesar 8 7%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/195285

Actions (login required)

View Item View Item