Pengembangan buku sumplemen elektronik materi sejarah lokal perjuangan Kyai Ageng Mohammad Besari dalam penyebaran Islam di Tegalsari Ponorogo untuk siswa kelas X IPA 4 SMAN 1 Slahung / Bifa Mega Rahmadani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku sumplemen elektronik materi sejarah lokal perjuangan Kyai Ageng Mohammad Besari dalam penyebaran Islam di Tegalsari Ponorogo untuk siswa kelas X IPA 4 SMAN 1 Slahung / Bifa Mega Rahmadani

Rahmadani, Bifa Mega (2020) Pengembangan buku sumplemen elektronik materi sejarah lokal perjuangan Kyai Ageng Mohammad Besari dalam penyebaran Islam di Tegalsari Ponorogo untuk siswa kelas X IPA 4 SMAN 1 Slahung / Bifa Mega Rahmadani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam pembelajaran sejarah pengetahuan tentang sejarah lokal khususnya tentang tokoh Kyai Ageng Mohammad Besari kurang diketahui oleh siswa. Disatu sisi guru juga tidak memiliki cukup waktu untuk membuat buku suplemen tentang materi sejarah lokal dan disisi lain kurangnya pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran sejarah. Konten dalam buku suplemen adalah menyajikan suatu materi yang belum terdapat dalam buku utama tetapi masih termuat dalam KI dan KD maka dari itu dikemaslah materi sejarah lokal tentang Perjuangan Kyai Ageng Mohammad Besari dalam menyebarkan Islam di Tegalsari Ponorogo dalam buku suplemen berbasis elektronik. Berdasarkan analisis tersebut penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan buku suplemen berbasis elektronik tentang materi sejarah lokal Perjuangan Kyai Ageng Mohammad Besari dalam menyebarkan Islam di Tegalsari Ponorogo untuk kelas X IPA 4 di SMAN 1 Slahung dan mengetahui kelayakannya sebagai bahan ajar sejarah. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan dengan mengacu pada model ADDIE (Analyze Design Development Implementation Evaluation) namun dalam penelitian ini menggunakan tahapan ADDIE dengan modifikasi. Adapun langkah-langkahnya yaitu tahap pertama yang dilakukan adalah analisis kebutuhan yang dilakukan di sekolah seperti analisis kompetensi peserta didik karakteristik peserta didik serta analisis materi sesuai dengan tuntutan kompetensi. Tahap kedua yaitu merancang materi pembelajaran dan produk yang dikembangkan. Tahapan ketiga yaitu kegiatan pengembangan yang pada intinya menghasilkan suatu prototype produk pengembangan berupa buku suplemen elektronik serta melakukan validasi kepada ahli materi dan ahli bahan ajar. Tahapan yang terakhir adalah evaluasi yang meliputi evaluasi untuk mengumpulkan data pada setiap tahapan dengan instrumen yang digunakan angket serta lembar kritik dan saran untuk penyempurnaan. Berdasarkan hasil validasi materi buku suplemen elektronik Perjuangan Kyai Ageng Mohammad Besari mendapatkan persentase total skor sebesar 84%. Sementara itu berdasarkan hasil validasi bahan ajar buku suplemen elektronik tersebut mendapatkan persentase total skor sebesar 95%. Jadi dapat disimpulkan bahwa produk buku suplemen elektronik yang dikembangkan ini layak digunakan sebagai bahan ajar sejarah sampai pada tahap validasi ahli. Hal ini karena peneliti tidak melakukan uji coba di sekolah sesuai prosedur karena adanya situasi pandemi covid-19. Adapun saran pemanfaatan buku suplemen elektronik ini untuk pengembangan produk lebih lanjut perlu mempertimbangkan tuntutan kebutuhan siswa dan kurikulum supaya tujuan pembelajaran sejarah bisa tercapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/195278

Actions (login required)

View Item View Item