Pengembangan buku ajar sejarah lokal Kota Malang untuk memperkuat pembelajaran sejarah pada siswa Kelas XI di SMA Islam Malang/Rommy Naufal Ramadhan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku ajar sejarah lokal Kota Malang untuk memperkuat pembelajaran sejarah pada siswa Kelas XI di SMA Islam Malang/Rommy Naufal Ramadhan

Ramadhan, Rommy Naufal (2020) Pengembangan buku ajar sejarah lokal Kota Malang untuk memperkuat pembelajaran sejarah pada siswa Kelas XI di SMA Islam Malang/Rommy Naufal Ramadhan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ramadhan Rommy Naufal 2020. Pengembangan Buku Ajar Berbasis Sejarah Lokal Kota Malang Untuk Memperkuat Pembelajaran Sejarah Pada Siswa Kelas XI Di SMA ldquo Islam rdquo Malang. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Ari Sapto M.Hum Kata Kunci buku ajar sejarah lokal Kota Malang pembelajaran sejarah Pembelajaran Sejarah terutama pada jenjang SMA di kelas XI SMA ldquo Islam rdquo Kota Malang selama ini guru sejarah hanya menjelaskan materi tentang sejarah Indonesia saja. Padahal pemahaman mengenai pentingnya sejarah lokal bagi siswa sangatlah penting. Sejarah lokal mengajarkan siswa untuk memahami suatu peristiwa sejarah dalam ruang lingkup yang terkecil. Berdasarkan observasi menggunakan metode wawancara terstruktur pada hari Senin tanggal 26 November 2018 didapati fakta bahwa salah satu kendala guru jarang atau tidak pernah menerangkan materi sejarah lokal terutama sejarah lokal Kota Malang dikarenakan materi yang terlalu luas sehingga hanya menjelaskan sedikit tentang materi sejarah lokal Kota Malang. Dari permasalahan di atas maka peneliti mengembangkan bahan ajar berbasis buku dengan materi sejarah lokal Kota Malang pada masa pendudukan Jepang hingga awal kemerdekaan yang disesuaikan dengan karakteristik wilayah sekitar SMA ldquo Islam rdquo Kota Malang. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan buku ajar sejarah lokal Kota Malang untuk memperkuat pembelajaran sejarah di kelas XI SMA ldquo Islam rdquo Kota Malang dan mengembangkan buku ajar sejarah lokal Kota Malang serta untuk menanamkan nilai-nilai karakter pada sejarah lokal Kota Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (R amp D) Sugiyono (2016). Adapun tahap-tahapannya adalah menganalisis potensi dan masalah mengumpulkan data mendesain produk mevalidasi desain merevisi desain mengujicobakan produk merevisi produk dan mengujicobakan produk pada uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Produksi massal tidak dilakukan peneliti dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa buku ajar sejarah lokal Kota Malang pada masa pendudukan Jepang hingga awal kemerdekaan ini cukup valid Hal tersebut berdasarkan dari hasil persentase penilaian oleh validator ahli materi sebesar 86 67 % validator ahli media sebesar 91 66 % kemudian berdasarkan uji coba kelompok kecil pada siswa kelas XI MIPA 1 sebesar 75 93 % dan pada uji coba kelompok besar pada siswa kelas XI MIPA 2 sebesar 80 86 % yang artinya buku ajar sejarah lokal Kota Malang ini layak digunakan untuk memperkuat pembelajaran sejarah pada siswa kelas XI di SMA ldquo Islam rdquo Kota Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/195264

Actions (login required)

View Item View Item