Pengembangan modul pembelajaran sejarah materi peninggalan Kerajaan Singhasari berbasis QR CODE di Kelas X OTR SMK Negeri 10 Malang/Vajar Rizky Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran sejarah materi peninggalan Kerajaan Singhasari berbasis QR CODE di Kelas X OTR SMK Negeri 10 Malang/Vajar Rizky Pratama

Pratama, Vajar Rizky (2020) Pengembangan modul pembelajaran sejarah materi peninggalan Kerajaan Singhasari berbasis QR CODE di Kelas X OTR SMK Negeri 10 Malang/Vajar Rizky Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Di SMK Negeri 10 Malang penggunaan bahan ajar yang digunakan di sekolah terbatas pada penggunaan buku teks yang diterbitkan oleh pemerintah saja. buku teks tersebut tidak dapat digunakan peserta didik untuk belajar di rumah. Buku teks yang ada di SMK Negeri 10 Malang merupakan buku teks yang dimiliki oleh sekolah dan hanya dapat digunakan di sekolah atau tidak dapat dibawa pulang. Dibutuhkan bahan ajar yang dapat membantu peserta didik untuk belajar mandiri. Berdasarkan karakteristiknya modul merupakan bahan ajar yang dapat digunakan peserta didik untuk belajar mandiri. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan modul Peninggalan Kerajaan Singhasari berbasis QR Code yang valid dan efektif. Diharapkan dari penelitian ini dapat menghasilkan produk bahan ajar modul yang valid dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran sejarah di SMK. Pengembangan modul ini menggunakan tahapan pengembangan Sugiyono. Metode penelitian ini memiliki sepuluh langkah penelitian yaitu tahap potensi dan masalah tahap pengumpulan data tahap desain produk tahap validasi desain revisi desain tahap uji coba produk revisi produk uji coba pemakaian revisi produk dan produksi massal. Dalam penelitian ini dilakukan modifikasi tahapan pengembangan Sugiyono yaitu tahap produksi massal diganti dengan produksi akhir karena untuk produksi massal membutuhkan biaya tambahan. Bahan ajar yang dibuat merupakan modul cetak dalam ukuran kertas A4. Modul yang dikembangkan oleh peneliti berisi 38 halaman xi cover. Susunan bahan ajar ini terdiri dari sampul kata pengantar daftar isi daftar gambar daftar peta daftar foto petunjuk penggunaan peta kompetensi tujuan pembelajaran pendahuluan peta konsep bagian satu mengenai sejarah Kerajaan Singhasari bagian dua mengenai peninggalan Kerajaan Singhasari rangkuman daftar pustaka dan evaluasi sumatif. Penggunaan fitur QR Code pada modul yang dikembangkan peneliti adalah untuk menambah penjelasan pada materi yang dijelaskan. Dalam produk modul pembelajaran sejarah materi peninggalan Kerajaan Singhasari fitur QR Code terdapat pada bagian dua mengenai peninggalan Kerajaan Singhasari untuk menambah penjelasan. Selain itu fitur QR Code juga ditambahkan pada rubrik tahukah kamu untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut menganai hal yang dibahas dalam rubrik tersebut. Hasil dari uji validitas yang dilakukan oleh validator materi dan validator modul mendapatkan angka 91 0% dan 94 2%. Validasi materi menggunakan angket yang berisikan 20 item pernyataan yang nantinya akan dinilai oleh validator materi. Validasi modul menggunakan angket yang berisikan 17 item pertanyaan yang akan dinilai oleh validator modul. Berdasarkan hasil uji validitas dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan oleh peneliti merupakan modul yang sangat valid. Uji Coba lapangan dilakukan dalam kelompok kecil dan kelompok besar. Uji kelompok kecil melibatkan 10 orang peserta didik kelas X TKJ 4 SMK Negeri 10 Malang. Hasil dari uji coba kelompok kecil peneliti mendapatkan skor 84 0%. Berdasarkan kriteria validitas persentase yang diperoleh menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan mendapatkan nilai sangat efektif. Uji coba kelompok besar dilakukan dengan melibatkan 23 orang peserta didik kelas X OTR 2 SMK Negeri 10 Malang. Hasil dari uji coba kelompok besar mendapatkan skor sebesar 85 2%. Berdasarkan kriteria validitas persentase yang diperoleh menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan oleh peneliti sangat efektif dan dapat digunakan tanpa revisi. Oleh karena itu berdasarkan uji validitas dan uji keefektifan modul yang dikembangkan oleh peneliti layak untuk digunakan dalam pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/195263

Actions (login required)

View Item View Item