Pengembangan game edukasi role playing games berjudul “lookout!” pada materi kerajaan sriwijaya untuk pembelajaran sejarah siswa kelas XI di SMAN 1 Boyolangu / Farah Atikah Setyawijaya Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan game edukasi role playing games berjudul “lookout!” pada materi kerajaan sriwijaya untuk pembelajaran sejarah siswa kelas XI di SMAN 1 Boyolangu / Farah Atikah Setyawijaya Putri

Putri, Farah Atikah Setyawijaya (2021) Pengembangan game edukasi role playing games berjudul “lookout!” pada materi kerajaan sriwijaya untuk pembelajaran sejarah siswa kelas XI di SMAN 1 Boyolangu / Farah Atikah Setyawijaya Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Putri Farah Atikah Setyawijaya. 2021. Pengembangan Game Edukasi Role Playing Games Berjudul ldquo LookOut rdquo Pada Materi Kerajaan Sriwijaya Untuk Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas XI Di SMAN 1 Boyolangu. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Najib Jauhari S.Pd M.Hum Kata Kunci Pembelajaran Sejarah Game Edukasi Kerajaan Sriwijaya. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan game edukasi yang bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa kelas XI SMA Bidang Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial. Penelitian ini perlu dilakukan karena (1) kurangnya media pembelajaran yang unik untuk membantu menambah minat belajar peserta didik (2) kurangnya ketertarikan beberapa peserta didik terhadap materi Kerajaan Sriwijaya (3) terlalu fokus pada metode ceramah yang digunakan guru pada materi Kerajaan Sriwijaya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbentuk game edukasi software atau aplikasi perangkat lunak berjenis RPG (Role Playing Game) pada pelajaran Sejarah terutama pada submateri kerajaan-kerajaan masa Hindu-Budha pada kelas XI bidang Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial yaitu Kerajaan Sriwijaya yang dapat digunakan sebagai media alternatif untuk bermain sambil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R amp D) yang diadaptasi dari metode penelitian yang digunakan yaitu metode Four-D. Pengumpulan data menggunakan obesrvasi awal lapangan validasi angket serta tes ketuntasan game. Pengembangan produk game edukasi menggunakan RPG Maker MV karena tidak memakan raung penyimpanan banyak dan mudah dijalankan untuk laptop dan komputer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game ldquo LookOut rdquo dikembangkan dengan empat tahapan pada Four-D dari Thiagarajan. Pada tahap pendefinisian dilakukan observasi kinerja dan analisis kebutuhan pada peserta didik. Pada tahap perancangan dilakukan rancangan elemen pembentuk game. Pada tahap pengembangan dilakukan pembuatan game sesuai dengan materi dan desain rancangan yang telah dibuat. Pada tahap penyebaran dilakukan validasi dan revisi kepada ahli materi dan ahli media. Pada validasi dan revisi produk materi pada produk game ldquo LookOut rdquo mendapat nilai validasi 38 dengan nilai maksimal yaitu 40. Sehingga persentase tingkat kevalidan yang diperoleh dari hasil uji validasi materi yaitu 95% dan termasuk dalam kategori valid dan menarik. Sementara pada produk game ldquo LookOut rdquo sendiri mendapat nilai validasi 48 dengan nilai maksimal yaitu 56. Sehingga persentase tingkat kevalidan yang diperoleh dari hasil uji validasi media yaitu 85 71% dan termasuk dalam kategori valid dan menarik. Setelah dilakukan revisi produk produk game edukasi dapat dirilis dan disebarkan ke sampel yang lebih luas yaitu peserta didik kelas XI IIS 3 SMA 1 Boyolangu dan khalayak umum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/195235

Actions (login required)

View Item View Item