Pengembangan media pembelajaran komik sejarah dampak resolusi jihad dalam peristiwa 10 november 1945 untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas xi ipa ma nahdlatul ulama’ lekok kabupaten pasuruan / Ahmat Faisal Muzakki - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran komik sejarah dampak resolusi jihad dalam peristiwa 10 november 1945 untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas xi ipa ma nahdlatul ulama’ lekok kabupaten pasuruan / Ahmat Faisal Muzakki

Muzakki, Ahmat Faisal Muzakki (2021) Pengembangan media pembelajaran komik sejarah dampak resolusi jihad dalam peristiwa 10 november 1945 untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas xi ipa ma nahdlatul ulama’ lekok kabupaten pasuruan / Ahmat Faisal Muzakki. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fungsi media pembelajaran bisa membuat pembelajaran sejarah menjadi lebih menarik dan dapat membantu peserta didik untuk memahami materi sejarah. Aspek berpikir kronologis merupakan salah satu hal penting dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan media pembelajaran yang valid layak dan efektif menurut kriteria kelayakan media pembelajaran dan (2) Untuk meningkatkan motivasi belajar sejarah siswa kelas XI IPA MA Nahdlatul Ulama rsquo Kabupaten Pasuruan. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengadaptasi dari model prosedural dari borg and gall dengan sepuluh langkah tahapan. Tahap yang dilaksanakan peneliti adalah (1) penelitian dan pengumpulan data (2) prencanaan (3) pengembangan draf produk (4) validasi (5) revisi produk (6) uji coba lapangan (7) penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan (8) uji pelaksanaan lapangan dan (9) penyempurnaan produk akhir. Langkah ke-sepuluh yaitu produksi secara massal tidak dilaksanakan oleh pengembang karena keterbatasan biaya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket yang diambil dari data kualitatif dan kuantitatif validasi materi validasi media ujicoba kelompok kecil uji coba kelompok besar dan angket untuk mengetahui peningkatan motivasi terhadap pelajaran sejarah. Media komik yang dicetak ini bertujuan agar sekolah-sekolah yang belum munggunakan fasilitas penunjang media digital bisa memanfaatkannya. Berdasarkan uji coba produk yang dilakukan media pembelajaran komik sejarah ini mendapatkan hasil validasi dari ahli materi sebesar 80% dengan kriteria valid serta hasil validasi dari ahli media sebesar 96 7% dengan kriteria valid. Kemudian hasil uji coba kelompok kecil mendapatkan rata-rata sebesar 87 6% dengan kriteria efektif dan hasil uji coba kelompok besar mendapat rata-rata sebesar 86 7% dengan kriteria efektif. Selain itu terdapat hasil kenaikan persentase motivasi siswa terhadap matapelajaran Sejarah dilihat dari nilai rata- rata sebelum menggunakan produk sebesar 55 1% dengan kriteria motivasi rendah dan hasil perlakuan setelah menggunakan produk sebesar 87% dengan kriteria motivasi tinggi. Dalam penggunaannya komik sejarah mampu membantu memudahkan siswa dalam memahami aspek ruang waktu serta manusia itu sendiri sebagai pelaku sejarah. Komik sejarah ini yang telah melalui berbagai tahapan menunjukkan bahwa media pembelajaran ini efektif digunakan untuk kelas XI IPA MA Nahdlatul Ulama rsquo Lekok Kabupaten Pasuruan. Hal ini dikarenakan (1) media komik sejarah ini sesuai dengan kompetensi indikator dan tujuan dalam pembelajaran sejarah dengan materi KD 3.10 (2) media komik sejarah ini menarik karena banyak gambar ilustrasi yang berwarna-warni dalam menggambarkan proses peristiwa sejarah (3) media komik sejarah ini memuat karakter materi yang dekat dengan siswa yaitu tentang KH. Hasyim Asy rsquo ari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/195232

Actions (login required)

View Item View Item