Pengembangan multimedia interaktif berbasis android materi perjuangan Dewi Sartika dalam bidang pendidikan untuk meningkatkan hasil belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif berbasis android materi perjuangan Dewi Sartika dalam bidang pendidikan untuk meningkatkan hasil belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang

Andini, Dian (2021) Pengembangan multimedia interaktif berbasis android materi perjuangan Dewi Sartika dalam bidang pendidikan untuk meningkatkan hasil belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan yang ada di SMA Negeri 1 Turen secara garis besar adalah media pembelajaran yang sangat minim yang menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Sehingga dari permasalahan tersebut perlunya adanya inovasi baru dalam pengembangan media pembelajaran yang lain salah satu bentuk pengembangan media pembelajaran yang lain adalah pengembangan multimedia interaktif berbasis android. Multimedia interaktif berbasis android ini dikemas dengan praktis dengan mencantumkan video gambar dan teks yang menarik yang dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran sejarah. Selanjutnya untuk pemilihan materi ini peneliti memilih materi Perjuangan Dewi Sartika dalam Bidang Pendidikan karena berdasarkan pada data hasil ulangan harian siswa. Untuk tujuan penelitian ini adalah menghasilkan pengembangan multimedia interaktif berbasis android dengan tema tokoh nasional tentang Perjuangan Dewi Sartika dalam bidang pendidikan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Turen. Penelitian ini juga bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang valid layak dan efektif yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Turen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R amp D). Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model prosedural dari Borg amp Gall dalam Sugiyono (2010) dengan melalui 10 tahapan diantaranya yaitu (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk i (8) uji coba pemakaian (9) revisi produk ii (10) produk masal. Hasil validasi ahli materi mendapatkan tingkat kevalidan 90% dan ahli media mendapatkan tingkat kevalidan 92%. Hasil dari tingkat kevalidan tersebut menunjukkan bahwa materi dan media ini dapat dikategorikan sangat valid. Pada uji kelayakan produk pada uji coba kelompok kecil mendapatkan persentase sebesar 86% sedangkan pada uji coba kelompok besar mendapatkan presentase sebesar 86 3%. Hasil dari uji tingkat kelayakan media di lapangan ini dapat dikategorikan sangat layak. Pada uji efektifitas yang dilakukan di uji coba kelompok besar ini memperoleh nilai rata-rata pada pre test 55 6 dan rata-rata nilai pada post test 83. Hasil dari uji pre test dan post test ini menunjukkan peningkatan dan dapat dikategorikan efektif digunakan dalam pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > CT Biography
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Nov 2021 04:29
Last Modified: 14 Aug 2023 06:18
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/195223

Actions (login required)

View Item View Item