Pengembangan media pembelajaran sejarah berbasis konten instagram materi perjuangan tentara pelajar kota Malang tahun 1947 untuk siswa X TKI 5 SMKN 5 kota Malang/ Dimas Muhammad Hafidz - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran sejarah berbasis konten instagram materi perjuangan tentara pelajar kota Malang tahun 1947 untuk siswa X TKI 5 SMKN 5 kota Malang/ Dimas Muhammad Hafidz

Hafidz, Dimas Muhammad (2020) Pengembangan media pembelajaran sejarah berbasis konten instagram materi perjuangan tentara pelajar kota Malang tahun 1947 untuk siswa X TKI 5 SMKN 5 kota Malang/ Dimas Muhammad Hafidz. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran sejarah suatu proses kegiatan belajar untuk memberikan informasi sejarah di masa lalu pembelajaran sejarah merupakan perpaduan dari aktivitas masa lampau dan masa kini. Pembelajaran sejarah erat kaitannya dengan membaca dan menghafal. Berdasarkan informasi yang didapatkan dari guru sejarah SMKN 5 Kota Malang siswa belum bisa memaksimalkan buku bacaan yang didapat di sekolah karena sekolah hanya sekolah meminjamkan buku pada saat jam pelajaran sejarah saja juga ketersediaan sumber sejarah lokal untuk diajarkan masih kurang. Temuan lain pada observasi siswa masih banyak memainkan handphone ketika jam pelajaran berlangsung. Demi tercapainya suatu pembelajaran yang efektif dibutuhkan inovasi dan bantuan teknologi informasi yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Salah satu inovasi dari penulis adalah pemanfaatan media pembelajaran berbasis Instagram materi sejarah perjuangan tentara pelajar Kota Malang Tahun 1947 untuk siswa X TKI 5 SMKN 5 Kota Malang. Tujuan dari pengembangan ini adalah pemanfaatan media pembelajaran berbasis Instagram materi sejarah perjuangan tentara pelajar Kota Malang Tahun 1947 untuk siswa X TKI 5 SMKN 5 Kota Malang. Dalam penelitian dan pengembangan ini diharapkan konten Instagram dapat menumbuhkan semangat siswa dalam belajar sejarah terutama sejarah lokal. Metode penelitian yang digunakan dalam pengembangan ini mengacu pada metode R amp D Sugiyono dan telah dimodifikasi oleh peneliti karena disesuaikan oleh peneliti dan terjadinya wabah covid19 yang tidak memungkinkan untuk dilakukannya penelitian di sekolah. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan pengembangan media pembelajaran sejarah berbasis konten Instagram materi perjuangan tentara pelajar Kota Malang Tahun 1947 untuk siswa kelas X TKI 5 SMKN 5 Kota Malang Berdasarkan hasil analisis hasil validasi ahli materi mendapat 92 72% untuk ahli media 92 5% untuk hasil uji coba kelas kecil 86%. Hasil penelitian menunjukkan hasil kesimpulan bahwa konten Instagram sangat efektif untuk menjadi penunjang bantuan belajar siswa di kelas sejarah khusus siswa X TKI 5 SMKN 5 Kota Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/195185

Actions (login required)

View Item View Item