Komparasi model problem based learning dengan project based learning terhadap berpikir kritis siswa pada materi mitigasi bencana alam kelas xi sma negeri 1 gondanglegi / Rahma Alima Ayattillah - Repositori Universitas Negeri Malang

Komparasi model problem based learning dengan project based learning terhadap berpikir kritis siswa pada materi mitigasi bencana alam kelas xi sma negeri 1 gondanglegi / Rahma Alima Ayattillah

Ayattillah, Rahma Alima Ayattillah (2021) Komparasi model problem based learning dengan project based learning terhadap berpikir kritis siswa pada materi mitigasi bencana alam kelas xi sma negeri 1 gondanglegi / Rahma Alima Ayattillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan atau mengetahui apakah terdapat perbedaan berpikir kritis antara model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran berbasis proyek. Rancangan penelitian masuk ke dalam quasy experiment yang dilakukan secara daring (online) di SMAN 1 Gondanglegi. Menggunakan dua kelas penelitian yakni kelas eksperimen 1 (model pembelajaran berbasis masalah) dan kelas eksperimen 2 (model pembelajaran berbasis proyek) dan menggunakan tes subjektif (esay) one post test only dalam mengukur kemampuan berpikir kritis sesudah diberi model pembelajaran. Setelah didapatkan hasil dari kelas eksperimen maka akan diuji prasyarat serta uji hipotesis menggunakan Uji T. Hasil didapatkan dari instrumen yang diuji cobakan adalah valid dan reliabel. Hasil yang didapatkan dari Uji Prasyarat dan Uji T didapatkan hasil bahwa normal homogen dan terdapat perbedaan. Hasil Uji T menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar 0 001 lt a H0 ditolak artinya terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran berbasis proyek. Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan pada kedua model pembelajaran ini. Letak perbedaannya terdapat pada saat terjadinya pembelajaran di kelas. Terdapat atau tidak nya indikator berpikir kritis dilihat dari kegiatan pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/195175

Actions (login required)

View Item View Item