Pengaruh model problem based learning berbasis daring terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari minat belajar geografi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Madiun / Bryantama Reza Alfian - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model problem based learning berbasis daring terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari minat belajar geografi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Madiun / Bryantama Reza Alfian

Alfian, Bryantama Reza (2020) Pengaruh model problem based learning berbasis daring terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari minat belajar geografi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Madiun / Bryantama Reza Alfian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Model Problem Based Learning memiliki peran penting dalam pembelajaran geografi. Pentingnya peran tersebut diantaranya melibatkan siswa aktif dalam pembelajaran di kelas meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa serta minat belajar geografi. Hal tersebut dikarenakan model Problem Based Learning dapat melatih kerjasama dalam kelompok siswa aktif mencari informasi baru berdasarkan masalah dunia nyata serta untuk menarik minat belajar geografi dari bimbingan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbasis daring terhadap kemampuan berpikir kritis siswa ditinjau dari minat belajar geografi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Madiun. Metode penelitian ini menggunakan (Quasi Eksperimen) dengan desain posttest only control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen menggunakan model Problem Based Learning berbasis daring dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol menggunakan model konvensional. Uji coba Instrumen yang telah dilakukan yaitu menggunakan uji validitas dan uji reabilitas. Data hasil posttest sebelum dianalisis dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas selanjutnya dianalisis menggunakan uji t-test dan uji F-test dengan bantuan SPSS 22.00 for windows. Berdasarkan hasil uji t-test diperoleh signifikansi 0 000 nilai probabilitas lt 0 05 dan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi sebesar (79 53) daripada kelas kontrol sebesar (75 00) maka dinyatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ldquo Model Problem Based Learning Berbasis Daring Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Madiun rdquo . Berdasarkan hasil F-test diperoleh signifikansi 0 001 nilai probabilitas lt 0 05 dan nilai rata-rata kelas eksperimen ditinjau dari minat belajar geografi lebih tinggi daripada kelas kontrol ditinjau dari minat belajar geografi. Maka dinyatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ldquo Model Problem Based Learning Berbasis Daring Ditinjau Dari Minat Belajar Geografi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Madiun rdquo . Saran yang diajukan dalam penelitian ini yaitu model Problem Based Learning dapat digunakan sebagai variasi pembelajaran yang dapat menarik minat belajar geografi siswa dengan materi yang berdasarkan permasalahan dunia nyata karena model ini bersifat kontekstual dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Apr 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/195159

Actions (login required)

View Item View Item