Pengaruh model guide discovery berplatform edmodo terhadap kemampuan berfikir analitis siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang/ Bagus Imron Rochmadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model guide discovery berplatform edmodo terhadap kemampuan berfikir analitis siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang/ Bagus Imron Rochmadi

Rochmadi, Bagus Imam (2020) Pengaruh model guide discovery berplatform edmodo terhadap kemampuan berfikir analitis siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang/ Bagus Imron Rochmadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan berpikir analitis penting untuk dikuasai oleh siswa namun pada kenyataannya kemampuan berpikir analitis masih belum banyak dikuasai. Siswa yang memiliki kemampuan berpikir analitis akan lebih mudah dalam memahami merinci atau menguraikan suatu permasalahan. Model guided discovery berplatform edmodo merupakan salah satu model yang dapat melatih kemampuan berpikir analitis siswa. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model guided discovery berplatform edmodo terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas X SMAN 9 Malang. Metode penelitian ini yaitu eksperimen semu dengan menggunakan posttest grup desain. Jumlah subjek dalam penelitian ini yaitu 64 siswa dengan rincian yaitu kelas X IPS 1 sebagai kelas kontrol sebanyak 32 siswa dan kelas X IPS 3 sebagai keas eksperimen sebanyak 32 siswa. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan model guided discovery berplatform edmodo sedangkan pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran 5M. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan 4 soal esai yang terdapat indikator kemampuan berpikir analitis. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu uji prasyarat dan uji hipotesis. Dalam uji prasyarat terdapat dua uji yaitu normalitas dan homogenitas sedangkan pada uji hipotesis menggunakan uji-t independent sample t-test dengan bantuan SPSS 16.0 for windows yang digunakan untuk mengetahui adanya pengaruh dari model guided discovery berplatform edmodo terhadap kemampuan berpikir analitis siswa. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t tersebut diperoleh hasil bahwa nilai sig.2 tailed sebesar 0 00 sedangkan nilai probabilitas sebesar 0.05. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan nilai signifikansi pada hasil uji t sebesar 0.00

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/195152

Actions (login required)

View Item View Item