Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berfikir kritis ditinjau dari minat belajar siswa terhadap mata pelajaran geografi kelas X IPS MAN 1 Malang/ Rizky Amalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berfikir kritis ditinjau dari minat belajar siswa terhadap mata pelajaran geografi kelas X IPS MAN 1 Malang/ Rizky Amalia

Amalia, Rizky (2020) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berfikir kritis ditinjau dari minat belajar siswa terhadap mata pelajaran geografi kelas X IPS MAN 1 Malang/ Rizky Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Inkuiri merupakan model pembelajaran berbasis penemuan dan penyelidikan yang dilakukan secara mandiri oleh siswa. Model tersebut memiliki keunggulan yaitu mengaktifkan siswa mendorong siswa lebih peduli terhadap kondisi lingkungan sekitarnya dan mampu berinteraksi lebih dengan temannya melalui diskusi untuk menemukan ide dan jawaban yang relevan. Model ini juga dapat melatih kemampuan berpikir kritis karena dapat memberikan solusi untuk meredukasi berbagai masalah yang dialami para siswa dengan memberi pengalaman belajar siswa secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari minat belajar siswa terhadap mata pelajaran geografi X IPS di MAN 1 Malang. Rancangan pada penelitian ini yaitu quasi experiment with posttest only control group design yang termasuk ke dalam penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini ialah kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran inkuiri dan kelas X IPS 3 sebagai kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan sehingga menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian menggunakan soal essai berjumlah 15 butir soal yang sudah diuji validitas dan reliabilitas dengan bantuan program SPSS 16.00 for windows menggunakan Product Moment Pearson dan Sperman Brown dengan uji coba pada kelas di luar kelas eksperimen dan kontrol yaitu kelas XI IPS 3. Teknik analisis data berbantuan program SPSS 16.00 for windows yang digunakan untuk uji normalitas uji homogenitas uji hipotesis dengan independent sample t-test dan uji ANOVA (uji-F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dengan nilai probabilitas lt 0 05 yaitu 0 00 hal ini diartikan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan (H1) diterima dan (2) model pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap kemapuan berpikir kritis ditinjau dari minat belajar siswa terhadap mata pelajaran geografi diketahui bahwa nilai probabilitas lt 0 05 yaitu 0 015 yang menunjukkan bahwa (H0) ditolak dan (H1) diterima. Saran yang diajukan dalam penelitian ini antara lain (1) guru dapat menerapkan model pembelajaran inkuiri dalam kegiatan pembelajarannya terkhusus pembelajaran geografi (2) sekolah mampu mengarahkan guru-guru untuk menerapkan model pembelajaran inkuiri khususnya pada mata pelajaran geografi dan (3) peneliti lanjut diharapkan untuk mengkombinasikan model dengan bahan ajar maupun media lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/195115

Actions (login required)

View Item View Item