Model project based learning berbantuan google classroom : pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa / Ilmania Risma Fitrianida - Repositori Universitas Negeri Malang

Model project based learning berbantuan google classroom : pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa / Ilmania Risma Fitrianida

Fitrianida, Ilmania Risma (2021) Model project based learning berbantuan google classroom : pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa / Ilmania Risma Fitrianida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Project based learning sebagai salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning berbantuan google classroom terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain Posttest Only Control Group Design. Instrumen pengukuran kemampuan berpikir kritis menggunakan tes essay. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMA Negeri Bareng Kabupaten Jombang pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian ialah siswa kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Analisis data menggunakan uji Independent sample T-test. Berdasarkan hasil pengujian dengan Independent sample T-test diketahui 945 0 05 diperoleh nilai sig. (2 tailed) sebesar 0.00. Maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa project based learning berbantuan google classroom berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa rata-rata nilai tes kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/195113

Actions (login required)

View Item View Item