Penerapan model spatial based learning berwahana edmodo untuk meningkatkan pemahaman konsep materi dinamika hidrosfer kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Pare / Izza Ahwalliya - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model spatial based learning berwahana edmodo untuk meningkatkan pemahaman konsep materi dinamika hidrosfer kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Pare / Izza Ahwalliya

Ahwalliya, Izza (2021) Penerapan model spatial based learning berwahana edmodo untuk meningkatkan pemahaman konsep materi dinamika hidrosfer kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Pare / Izza Ahwalliya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran geografi dianggap tidak menarik untuk dipelajari salah satunya karena ditekankan pada penghafalan konsep sedangkan hal penting untuk mempelajari geografi adalah keterampilan pemahaman konsep. Siswa yang memahami konsep dengan baik akan lebih mudah memahami materi pelajaran. Namun akibat Covid-19 pembelajaran kini dilakukan secara daring yang mana didominasi dengan pemberian tugas yang dapat menurunkan pemahaman konsep siswa tersebut. Oleh sebab itu siswa membutuhkan cara baru dalam pembelajarannya seperti pemberian model yang menarik dan efektif. Pada era digital saat ini model yang sesuai kondisi adalah penerapan model Spatial Based Learning berwahana edmodo. Penerapan model SBL berwahana edmodo akan membekali siswa dalam kemampuan memahami konsep suatu materi dengan baik lebih dari itu juga dapat mendorong siswa untuk saling bekerjasama secara online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa penerapan model Spatial Based Learning berwahana edmodo dapat meningkatkan pemahaman konsep materi dinamika hidrosfer kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Pare. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan yakni tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Data yang dihasilkan diperoleh dari hasil observasi catatan lapangan dan tes pemahaman konsep. Analisis data yang dilakukan yakni dengan membandingkan tingkat pemahaman konsep siswa sebelum tindakan dan setelah tindakan menggunakan model SBL berwahana edmodo yang diperoleh dari hasil nilai tes pemahaman konsep siswa. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa terjadi peningkatan rata-rata nilai pemahaman konsep siswa dari siklus I ke siklus II. Rata-rata nilai siklus I yaitu 70 69 dan siklus II yaitu 76 53 sehingga peningkatannya sebesar 5 83 dengan peningkatan persentase ketuntasan siswa mencapai 42%. Hal tersebut karena model SBL membelajarkan siswa melakukan identifikasi masalah dengan baik memberikan pengalaman siswa secara langsung dan menjadikan siswa antusias dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian maka disimpulkan bahwa penerapan model SBL berwahana edmodo dapat meningkatkan pemahaman konsep materi dinamika hidrosfer kelas X IPS 3 di SMA Negeri 1 Pare. Oleh sebab itu model ini dapat diimplementasikan sebagai alternatif pembelajaran guna membangun pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran geografi dengan pemilihan materi yang sesuai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/195111

Actions (login required)

View Item View Item