Peran pemerintah desa dan masyarakat dalam pelestarian tradisi suran di Desa Purbowangi Kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen / Dedi Mianton - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran pemerintah desa dan masyarakat dalam pelestarian tradisi suran di Desa Purbowangi Kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen / Dedi Mianton

Mianton, Dedi (2020) Peran pemerintah desa dan masyarakat dalam pelestarian tradisi suran di Desa Purbowangi Kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen / Dedi Mianton. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mianton Dedi. 2020 Peran Pemerintah Desa Dan Masyarakat Dalam Pelestarian Tradisi Suran Di Desa Purbowangi Kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Yuniastuti S.H M.Pd (II) Rista Ayu Mawarti S.Pd M.Pd Kata Kunci Peran Pemerintah Desa Masyarakat Pelestarian Tradisi Suran. Pemerintah Desa adalah Kepala Desa atau yang disebut dengan nama lain dibantu Perangkat Desa sebagai unsur penyelenggara permerintahan desa. Sementara desa di Indonesia sebagaimana diatur dalam undang-undang memiliki berbagai tujuan dan salah satu tujuan tersebut adalah melestarikan dan memajukan adat tradisi dan budaya masyarakat desa. Dari peraturan perundang-undangan tersebut pemeritahan desa dapat mengurus dan mengatur serta melestarikan adat istiadat tradisi dan budaya yang ada pada masyarakat desa selama tradisi dan budaya tersebut tidak bertentangan dengan sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia. Salah satu tradisi yang ada di Indonesia atau khususnya dilakukan oleh masyarakat jawa adalah tradisi suran atau suroan. Tradisi suran merupakan ritual yang dilaksanakan pada Suku Jawa karena untuk menghindari kesialan bencana dan musibah mereka harus melaksanakan ritual bulan Suro tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) proses pelaksanaan tradisi Suran di Desa Purbowangi Kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen (2) program pemerintah Desa Purbowangi Kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen yang mendukung pelestarian tradisi suran (3) faktor pendukung dan faktor penghambat upaya pemerintah desa dalam melestarikan tradisi suran di Desa Purbowangi Kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yaitu menceritakan dengan detail menggunakan kata-kata dan gambar. Laporan hasil penelitian akan berisi kutipan-kutipan data dari hasil observasi dan wawancara dengan memberikan gambaran penyajian laporan. Analisi data yang dilakukan terdapat tiga tahap yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah (1 )Proses pelaksanaan tradisi suran di desa Purbowangi terdapat dua proses yang berbeda yaitu tradisi suran oleh pemerintah desa dan juga tradisi suran masyarakat (2) Program pemerintah desa dalam melestarikan budaya suran di desa Purbowangi ada dua yaitu sosialisasi secara langsung maupun melalui media sosial serta pembuatan kebijakan iuran masyarakat (3) Faktor pendukunng dan faktor penghambat dalam pelestarian tradisi suran yang dilakukan oleh pemerintah desa Purbowangi ada beberapa yaitu faktor pendukung adalah keinginan yang kuat dari kepala desa itu sendiri dan juga dukungan dari sebagian besar masyarakat. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu adanya sekelompok masyarakat yang kurang mendukung usaha pemerintah desa dalam melestarikan tradisi suran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/195096

Actions (login required)

View Item View Item