Dinamika tradisi nyadran dam bagong Kelurahan Ngantru Kecamatan Rrenggalek / Digma Nusa Prakosa - Repositori Universitas Negeri Malang

Dinamika tradisi nyadran dam bagong Kelurahan Ngantru Kecamatan Rrenggalek / Digma Nusa Prakosa

Prakosa, Digma Nusa (2021) Dinamika tradisi nyadran dam bagong Kelurahan Ngantru Kecamatan Rrenggalek / Digma Nusa Prakosa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prakosa Nusa Digma 170711636134. Dinamika Tradisi Nyadran Dam Bagong Kelurahan Ngantru Kecamatan Trenggalek Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Didik Sukriono S.H. M.Hum (2) Drs. Margono M.Pd M.Si Kata Kunci Nyadran Dam Bagong Tradisi Tradisi adat yang dimiliki Indonesia sangat beragam dan masing-masing daerah memiliki karakteristik yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) Bagaimana budaya Nyadran di Dam Bagong pada masa lampau (2) Bagaimana budaya Nyadran di Dam Bagong pada masa kini dan (3) Bagaimana budaya Nyadran di Dam Bagong pada masa yang akan datang. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif dengan lokasi penelitian di Dam Bagong Kelurahan Ngantru. Sumber data dari penelitian ini adalah informan peristiwa dan dokumen. Proses pengumpulan data menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh oleh peneliti adalah (1) Dalam pelaksanaan Nyadran pada masa dahulu Dilakukan untuk menghormati pengorbanan dari menak sopal (2) Dalam pelaksanaan Nyadran Dam Bagong pada masa kini terdapat pelaksanaan yang tidak dijalankan seperti biasanya karena terkendala oleh wabah virus Corona dan (3) Pelaksanaan Tradisi Nyadran Dam Bagong di masa depan tergantung dengan ada atau tidaknya wabah. Saran dari peneliti Tradisi Nyadran tetap dilaksanakan setiap tahunnya dipercaya jika tidak dilaksanakan pelaksanaan Nyadran akan banjir dan ditambahkan acara hiburan agar menarik antusias semua golongan tua maupun muda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/195043

Actions (login required)

View Item View Item