Tawakal, Muhammad Iqbal Tawakal (2020) Survei efektivitas proses pembelajaran online akibat pandemi coronavirus (covid-19) pada mata kuliah tenis meja prodi pjkr 2018 universitas negeri malang / Muhammad Iqbal Tawakal. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan jasmani merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di semua jenjang pendidikan dari sekolah dasar sekolah menengah pertama sekolah menengah atas bahkan di perguruan tinggi. Dampak yang ditimbulkan dari kasus Pandemi covid-19 ini menyebar pada beberapa aspek kehidupan mulai dari sektor ekonomi politik bahkan pendidikan. Sampai saat ini metode pembelajaran daring belum diketahui apakah bisa efektif atau mahasiswa mengalami banyak masalah saat melakukan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini penulis ingin mengetahui dan mengadakan penelitian mengenai metode pembelajaran daring mahasiswa Universitas Negeri Malang Fakultas Ilmu Keolahragaan prodi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan khususnya mata kuliah Tenis Meja. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan metode survei. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 118 responden yang terdiri dari mahasiswa matakuliah tenis meja angkatan 2018 Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas Negeri Malang. Proses pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar secara online melalui aplikasi Google Form. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh terdapat 1 orang menilai kegiatan pembelajaran daring pad mata kuliah tenis meja sangat efektif 90 responden menyatakan efektif 25 responden menyatakan cukup efektif 2 responden menyatakan tidak efektif. Dari hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa survei pembelajaran daring mata kuliah tenis meja efektif dilaksanakan pada masa pandemi virus covid-19 ini. Secara keseluruhan mahasiswa suka dengan pembelajaran yang fleksibel. Dengan pembelajaran daring mahasiswa tidak terkendala waktu dan tempat dimana mereka dapat mengikuti perkuliahan dari rumah masing-masing maupun dimana saja. Dengan pembelajaran daring dosen memberikan perkuliahan melalui kelas virtual yang dapat diakses dimana pun dan kapan pun tidak terikat ruang dan waktu. Kondisi ini membuat mahasiswa dapat secara bebas memilih mata kuliah yang dikuti dan tugas mana yang harus dikerjakan lebih dahulu. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat 1 responden yang menilai sangat efektif 90 responden menilai efektif 25 responden menilai cukup efektif 2 responden menilai tidak efektif. Kriteria tersebut diambil dari hasil survei melalui kuesioner yang disebar secara online melalui Google Form dengan 3 indikator yakni mengenai kondisi internet penggunaan aplikasi dan materi yang disampaikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Oct 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/194921 |
Actions (login required)
View Item |