Efektivitas model physics by inquiry dengan model pembelajaran koperatif kaitannya dengan peningkatan prestasi belajar fisika I Program Studi Teknik Mesin dan Teknik Industri angkatan 2009/2010 Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta / Natalius Simanullang - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas model physics by inquiry dengan model pembelajaran koperatif kaitannya dengan peningkatan prestasi belajar fisika I Program Studi Teknik Mesin dan Teknik Industri angkatan 2009/2010 Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta / Natalius Simanullang

Natalius (2010) Efektivitas model physics by inquiry dengan model pembelajaran koperatif kaitannya dengan peningkatan prestasi belajar fisika I Program Studi Teknik Mesin dan Teknik Industri angkatan 2009/2010 Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta / Natalius Simanullang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Simanullang Natalius. 2010. Efektivitas Modul Physics By Inqury Dengan Model Pembelajaran Koperatif Kaitannya Dengan Peningkatan Prestasi Belajar Fisika I Program Studi Teknik Mesin dan Teknik Industri Angkatan 2009/2010 Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Skripsi Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Eddy Supramono (II) Drs. Sumarjono. Kata Kunci Model pembelajaran Koperatif physics by inqury Peningkatan Prestasi Belajar Metode pembelajaran ceramah sering diterapkan dalam proses belajar mengajar di Jurusan Teknik Mesin dan Industri. Berdasarkan penelitian hal ini merupakan salah satu penyebab peningkatan nilai fisika tidak signifikan pada matakuliah fisika I. Ini terlihat dari indikasi rendahnya prestasi belajar mahasiswa dari tahun sebelumnya. Untuk ini dilakukan suatu upaya memperbaiki prestasi belajar mahasiswa. Upaya tersebut berupa mengunakan modul physics by inqury dengan model pembelajaran koperatif . Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Teknik Mesin dan Industri Universitas Gadjah Mada angkatan 2009 yang jumlahnya enam kelas. Dari enam kelas terpilih satu kelas secara acak sebagai sampel yaitu Kelas TMI1201. Desain penelitian ini termasuk one group pretest dan postest design (Materi Dasar Pendidikan Program Akta Mengajar V.1982. Metode Penelitian. Jakarta Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan). Tujuan penelitian yaitu mengukur adanya peningkatan prestasi belajar mahasiswa Fisika I setelah mengunakan modul physic by inqury pada model pembelajaran koperatif dan mendeskripsikan tingkahlaku dalam interaksi mahasiswa setelah mengunakan modul physics by inqury pada model pembelajaran koperatif. Hasil uji hipotesis didapat signifikan kurang dari 0 05 yaitu 0.016 maka Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan adanya perbedaan peningkatan prestasi setelah diberi perlakuan dengan menggunakan modul physics by inqury. Peningkatan prestasi belajar fisika I dapat dilihat dari nilai persentase. Hasil perhitungan diperoleh harga peningkatan prestasi belajar fisika I adalah 20.22 % setelah menggunakan modul physics by inqury dengan model pembelajaran koperatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/19492

Actions (login required)

View Item View Item