Pengaruh kemampuan bertanya terhadap prestasi belajar siswa dengan menerapkan pendekatan problem posing di kelas X Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang / Kurnita Listianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kemampuan bertanya terhadap prestasi belajar siswa dengan menerapkan pendekatan problem posing di kelas X Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang / Kurnita Listianti

Kurnita (2010) Pengaruh kemampuan bertanya terhadap prestasi belajar siswa dengan menerapkan pendekatan problem posing di kelas X Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang / Kurnita Listianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Listianti Kurnita. 2010. Pengaruh Kemampuan Bertanya terhadap Prestasi Belajar Siswa dengan Menerapkan Pendekatan Problem Posing di Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Eddy Supramono (II) Drs. Sutrisno M.T. Kata Kunci kemampuan bertanya prestasi belajar siswa pendekatan problem posing Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti di Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang diperoleh bahwa guru dalam menerangkan di kelas lebih banyak menggunakan metode konvensional daripada menggunakan model-model pembelajaran lainnya sehingga kesempatan siswa untuk mengembangkan diri sedikit sekali dan cenderung pasif dalam pembelajaran. Untuk itu dalam penelitian ini pembelajaran fisika dilakukan dengan menerapkan pendekatan problem posing. Pembelajaran dengan pendekatan problem posing memungkinkan siswa untuk mengembangkan diri lebih kreatif dalam membuat pertanyaan dan berpikir kritis serta penguasaan konsep terutama konsep fisika. Dalam proses membuat pertanyaan terdapat proses pemahaman konsep semakin mantap pemahaman siswa semakin kuat konsep yang dikuasai oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa kemampuan bertanya berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dengan menerapkan pendekatan problem posing. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Designs) dengan rancangan pretest dan posttest dengan kelompok pengendali tidak diacak. Teknik pengumpulan data melalui lembar kerja problem posing dan tes prestasi belajar fisika. Instrumen prestasi belajar fisika berupa rubrik penilaian kemampuan bertanya pretest dan posttest. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-B dan X-C Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik purposive random sampling yaitu melalui pertimbangan guru fisika kelas X dilihat dari nilai rata-rata siswa pada materi sebelumnya yaitu kelas X-B sebesar 77 26 dan X-C sebesar 76 98 untuk penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol diambil dengan cara pengacakan. Penelitian ini dilakukan pada semester gasal tahun pelajaran 2009/2010 antara bulan September-Oktober 2009. Hasil penelitian melalui analisis regresi diperoleh nilai F terbesar pada kurva S yaitu 30.200 dengan Sig. 0.00 dan sumbangan pengaruh kemampuan bertanya terhadap prestasi belajar siswa sebesar 47.8% sehingga hipotesis Ho ditolak artinya kemampuan bertanya berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dengan menerapkan pendekatan problem posing. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar penelitian ini dijadikan bahan referensi yang bisa dilakukan dalam usaha meningkatkan kemampuan bertanya siswa dan prestasi belajar siswa di dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/19490

Actions (login required)

View Item View Item