Imroatul (2010) Pengembangan paket pembelajaran IPA terpadu tema "Hujan Asam" di SMP Negeri 3 Batu / Imroatul Aulia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Aulia Imroatul. 2009. Pengembangan Paket Pembelajaran IPA Terpadu Tema Hujan Asam di SMP Negeri 3 Batu. Skripsi Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang (1) Drs. Eddy Supramono (II) Drs. Parlan M.Si Kata kunci Pengembangan Paket IPA Terpadu hujan asam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 22 tahun 2006 tentang standar isi secara tegas menyatakan bahwa substansi mata pelajaran IPA pada SMP/MTs merupakan IPA Terpadu. Hasil survey terbatas pada guru-guru IPA SMP/MTs di Jawa Timur dalam beberapa pelatihan PAKEM (Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan) yang diselenggarakan oleh proyek MBE tahun 1996 menunjukkan bahwa sebagian besar guru (92 dari 118 orang atau 79%) mengalami kesulitan untuk merancang pembelajaran IPA Terpadu berdasarkan standar isi untuk kurikulum IPA. Oleh sebab itu hampir semua guru SMP belum melaksanakan pembelajaran secara terpadu (Koes dkk 2008) termasuk di SMP Negeri 3 Batu. Selain itu hasil pengamatan di beberapa toko buku di Kota Malang menunjukkan bahwa belum ditemukan buku IPA SMP yang dirancang secara terpadu. Berdasarkan hal tersebut maka dikembangkan Paket Pembelajaran IPA Terpadu yang dapat membantu pelaksanaan pembelajaran IPA Terpadu. Pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan paket pembelajaran IPA Terpadu dengan tema hujan asam untuk siswa SMP Negeri 3 Batu. Metode pengembangan paket pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan menurut Borg dan Gall yaitu (1) studi pendahuluan (2) perencanaan (3) pengembangan bentuk awal produk (4) penilaian produk dan (5) revisi produk (Borg dan Gall 2003 dalam Koes H. 2008). Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner kelayakan paket pembelajaran IPA Terpadu dengan tema hujan asam dan panduan pelaksanaannya yang diisi oleh validator. Jenis data berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa tanggapan saran maupun kritik dari validator dan hasil keterbacaan siswa sedangkan data kuantitatif diperoleh dari analisis nilai rata-rata kuesioner skala likert. Hasil uji kelayakan dari validator menunjukkan bahwa paket pembelajaran yang dikembangkan layak diuji cobakan namun perlu direvisi dengan skor rata-rata untuk paket IPA Terpadu adalah 3 55 dan skor rata-rata untuk panduan pelaksanaannya adalah 3 67. Berdasarkan hasil pengembangan disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut terhadap paket IPA Terpadu ini dengan melakukan uji coba berulang terhadap paket IPA Terpadu dan panduannya. Sebelum paket dan panduan digunakan hendaknya dilakukan penelitian eksperimen terlebih dahulu agar diketahui keefektifan dan efisiensinya dalam pembelajaran IPA Terpadu sehingga diperoleh paket dan panduan yang layak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Feb 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/19489 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |