Pengembangan video tutorial pewarnaan tekstur bahan sesuai desain di smk negeri 3 malang / Almira Firda Amalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan video tutorial pewarnaan tekstur bahan sesuai desain di smk negeri 3 malang / Almira Firda Amalia

Amalia, Almira Firda Amalia (2021) Pengembangan video tutorial pewarnaan tekstur bahan sesuai desain di smk negeri 3 malang / Almira Firda Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengembangan media pembelajaran berupa video tutorial ini dilatarbelakangi oleh kendala siswa maupun guru saat proses pembelajaran. Pada tahap awal peneliti melakukan observasi selama Kajian Praktik dan Lapangan di SMK Negeri 3 Malang dan ditemukan beberapa kendala yaitu kurangnya media pembelajaran sehingga siswa terlihat bosan karena durasi video dari youtube yang terlalu panjang dan beberapa pilihan kata yang kurang dipahami oleh peserta didik sehingga peserta didik cenderung tidak fokus terhadap saat penyampaian materi saat pembelajaran. Selanjutnya peneliti juga melakukan interview terhadap Bu.Ana Isro serta Bu.Defi sebagai guru mata pelajaran dasar desain materi pewarnaan tekstur bahan sesuai desain menurut beliau terdapat beberapa kendala yaitu waktu berlangsungnya pembelajaran yang terbatas sehingga siswa tidak bisa memahami materi dan menyelesaikan hasil praktek dengan tepat waktu serta media pembelajaran yang dirasa kurang menarik perhatian. Sehingga peneliti termotivasi untuk melakukan penelitian membuat media pembelajaran yang dikemas dalam video tutorial dengan judul ldquo Pengembangan video tutorial untuk materi pewarnaan tekstur bahan sesuai desain di SMK Negeri 3 Malang rdquo . Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran dalam bentuk video tutorial yang dapat lebih dipahami kreatif menarik perhatian serta dapat di praktikkan dengan mudah bagi siswa di SMK Negeri 3 Malang. Model penelitian pengembangan yang akan digunakan yaitu ADDIE yang memiliki 5 tahap yaitu (1) analisis (2) desain (3) pengembangan (4) implementasi (5) evaluasi. Uji validasi yang dilakukan oleh ahli materi mendapatkan total skor 90 97% sehingga dinyatakan sangat layak dan hasil uji validasi oleh ahli media mendapatkan total skor 95 31% sehingga dikatakan sangat layak selanjutnya peneliti melanjutkan uji coba lapangan pada siswa kelas XI dan XII Jurusan Tata Busana dan Desain Fesyen di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Malang mendapatkan skor 87 19% (aspek isi materi) 87 19% (aspek bahasa) dan 86 47% (aspek penyajian media) sehingga mendapatkan total skor 86 69% dan dapat dinyatakan sangat layak digunakan dari hasil uji coba mendapatkan beberapa kritik dan saran yaitu menambahkan audio berupa suara tetapi tetap menggunakan tulisan yang ditampilkan selain itu juga memperlambat durasi tulisan yang ditampilkan. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat dikatakan bahwa pengembangan video pembelajaran teknik pewarnaan tekstur sesuai desain berupa video tutorial di SMK Negeri 3 Malang layak digunakan dalam proses pembelajaran. Saran pengembangan selanjutnya adalah menambahkan animasi yang lebih menarik serta dapat menambahkan macam teknik pewarnaan lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Nov 2021 04:29
Last Modified: 20 Dec 2022 02:18
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194883

Actions (login required)

View Item View Item