Penerapan pembelajaran fisika model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Malang tahun pelajaran 2009/2010 / Dyan Hilmy Rofiqoh - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran fisika model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Malang tahun pelajaran 2009/2010 / Dyan Hilmy Rofiqoh

Dyan Hilmy (2010) Penerapan pembelajaran fisika model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Malang tahun pelajaran 2009/2010 / Dyan Hilmy Rofiqoh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rofiqoh Dyan Hilmy. 2010. Penerapan Pembelajaran Fisika Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Malang Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi Jurusan Fisika Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Kadim Masjkur M.Pd. (II) Drs. Purbo Suwasono M.Si. Kata Kunci Inkuiri terbimbing keterampilan proses sains Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti di SMA Negeri 2 Malang ditemukan bahwa ceramah merupakan metode yang paling sering digunakan guru selama proses pembelajaran fisika. Siswa terlihat kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Siswa jarang sekali bertanya atau menyampaikan argumen. Siswa juga mengalami kesulitan dalam membuat dan menganalisis grafik. Siswa kurang memperoleh pengalaman secara langsung karena jarang sekali diajak melakukan penyelidikan dalam eksperimen. Akibatnya keterampilan proses sains siswa seperti keterampilan mengamati manafsirkan pengamatan meramalkan menggunakan alat dan bahan merencanakan penelitian berkomunikasi dan mengajukan pertanyaan masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Malang tahun pelajaran 2009/2010 dengan penerapan pembelajaran fisika model inkuiri terbimbing. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Tindakan yang diberikan pada penelitian ini berupa penerapan pembelajaran fisika model inkuiri terbimbing yang terdiri dari enam tahapan yaitu merumuskan masalah membuat hipotesis merencanakan kegiatan melaksanakan kegiatan mengumpulkan data dan mengambil kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus tiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Malang tahun pelajaran 2009/2010 yang terdiri atas 40 siswa yaitu 9 siswa laki-laki dan 31 siswa perempuan. Materi yang digunakan adalah Hukum Hooke dan periode getaran pada pegas. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi keterampilan proses sains siswa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran model inkuiri terbimbing dan catatan lapangan. Instrumen tindakan yang digunakan meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kerja siswa (LKS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran fisika model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Malang. Peningkatan keterampilan proses sains tersebut adalah 22 5% untuk keterampilan mengamati 10 83% untuk keterampilan menafsirkan pengamatan 12 5% untuk keterampilan meramalkan 13 34% untuk keterampilan menggunakan alat dan bahan 5% untuk keterampilan merencanakan penelitian 19 17% untuk keterampilan berkomunikasi dan 10 84% untuk keterampilan mengajukan pertanyaan. Secara keseluruhan keterampilan proses sains siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Malang mengalami peningkatan sebesar 13 46%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/19488

Actions (login required)

View Item View Item