Tanggapan mahasiswa tentang pembelajaran MUB Modiste S1 Pendidikan Tata Busana pada masa pandemi Covid-19 / Alfita Nurochmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Tanggapan mahasiswa tentang pembelajaran MUB Modiste S1 Pendidikan Tata Busana pada masa pandemi Covid-19 / Alfita Nurochmah

Nurochmah, Alfita (2020) Tanggapan mahasiswa tentang pembelajaran MUB Modiste S1 Pendidikan Tata Busana pada masa pandemi Covid-19 / Alfita Nurochmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Indonesia saat ini telah mengalami pandemi yang membahayakan dunia . Wabah ini disebut dengan Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Pemerintah Indonesia menindak lanjuti dengan social distancing maka pembelajaran yang ada di Indonesia harus melaksanakan pembelajaran secara online. Pada penelitian ini fokus ke mata kuliah MUB Modiste. Perkuliahan MUB Modiste adalah Mengelola Usaha Busana bidang Modiste mata kuliah ini adalah mata kuliah praktik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan mahasiswa terhadap pembelajaran MUB modiste S1 Pendidikan Tata Busana pada masa pandemi COVID-19. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian dalam penelitian ini sebanyak 58 mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana 2017. Uji validitas instrumen menggunakan rumus Pearson Product Moment dengan hasil 27 item dari 36 item pertanyaan dinyatakan valid. Uji reabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach 0 977 instrumen ini dinyatakan reliabel. Variabel pada penelitian ini yaitu tanggapan mahasiswa tentang pembelajaran MUB Modiste terdiri dari 3 (tiga) indikator yakni tanggapan mahasiswa tentang pembelajaran MUB Modiste berdasarkan indera pengamat berdasarkan terjadinya pembelajaran dan berdasarkan lingkungan dan fasilitas yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan mahasiswa tentang pembelajaran MUB Modiste berdasarkan indera pengamat sebagaian besar mengatakan baik (69.0%). Sedangkan berdasarkan terjadinya pembelajaran mahasiswa sebagain besar mengatakan baik (53.4%) dan yang terakhir berdasarkan lingkungan mahasiswa sebagain besar mangatakan baik ( 60.3%). Hasil rata-rata dari ketiga indikator tersebut adalah baik (61%). Disarankan (1) Bagi pengajar diharapkan selalu berinovasi dengan metode pembelajaran agar dapat mengatasi permasalahan pembelajaran praktik secara online (2) Bagi mahasiswa selaku peserta didik diharapkan untuk memahami dan mengikuti aturan serta arahan. (3) Penelitian ini juga dapat disempurnakan lagi dengan mengembangkan beberapa aspek yang lain misalnya pada aspek target yang didapatkan setiap mahasiswa atau berapa besar pengaruhnya bagi mahasiswa yang telah lulus MUB Modiste

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194878

Actions (login required)

View Item View Item