Pengaruh persentase puree daun kelor (moringa oleifera) terhadap sifat organoleptik permen jelly kelor / Nonik Fatimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persentase puree daun kelor (moringa oleifera) terhadap sifat organoleptik permen jelly kelor / Nonik Fatimah

Fatimah, Nonik (2020) Pengaruh persentase puree daun kelor (moringa oleifera) terhadap sifat organoleptik permen jelly kelor / Nonik Fatimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fatimah Nonik.2020. Pengaruh Persentase Puree Daun Kelor (Moringa oleifera) Terhadap Sifat Organoleptik Permen Jelly Kelor. Skripsi Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nunung Nurjanah M. Kes (II) Laili Hidayati M. Si. Kata Kunci Puree Daun Kelor Permen Jelly Mutu Hedonik Hedonik Daun kelor merupakan bahan pangan lokal yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena mengandung zat gizi yang cukup lengkap. Daun kelor dapat diolah menjadi makanan ringan yang disukai salah satunya permen jelly. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sifat organoleptik (mutu hedonik dan hedonik) meliputi rasa warna aroma dan tekstur serta formulasi terbaik permen jelly kelor dari penggunaan persentase puree daun kelor sebesar 20% 30% dan 40%. Penelitian ini menggunakan model penelitian eksperimen dengan dua kali pengulangan. Penilaian organoleptik yang dilakukan ialah uji mutu hedonik dan uji hedonik (kesukaan) meliputi rasa warna aroma dan tekstur dari permen jelly kelor. Daya yang didapatkan kemudian diolah menggunakan ANOVA (Analysis of Variances) dan dilanjutkan dengan uji Duncan rsquo s. Perhitungan formulasi terbaik menggunakan perhitungan indeks efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan permen jelly kelor dengan persentase penggunaan puree daun kelor yang berbeda berpengaruh terhadap sifat mutu hedonik dan hedonik permen jelly kelor. Mutu hedonik rasa tertinggi diperoleh dari permen jelly kelor dengan persentase penggunaan puree daun kelor 30% dan 40% dengan rasa cukup manis. Skor mutu hedonik warna tertinggi diperoleh dari permen jelly kelor dengan persentase penggunaan puree daun kelor 20% dengan warna hijau agak kecoklatan. Skor mutu hedonik aroma tertinggi diperoleh dari permen jelly kelor dengan persentase penggunaan puree daun kelor 20% dengan aroma agak tidak langu. Skor mutu hedonik tekstur tertinggi diperoleh dari permen jelly kelor dengan persentase penggunaan puree daun kelor 30% dengan tekstur cukup kenyal. Skor hedonik rasa tertinggi diperoleh dari permen jelly kelor dengan persentase penggunaan puree daun kelor 20% yaitu agak suka. Skor hedonik warna tertinggi diperoleh dari permen jelly kelor dengan persentase penggunaan puree daun kelor 20% yaitu cukup suka. Skor hedonik aroma tertinggi diperoleh dari permen jelly kelor dengan persentase penggunaan puree daun kelor 20% yaitu agak suka. Skor hedonik tekstur tertinggi diperoleh dari permen jelly kelor dengan persentase penggunaan puree daun kelor 20% yaitu agak suka. Formulasi terbaik diperoleh permen jelly kelor dengan persetase puree daun kelor 20% dengan nilai produk (NP) sebesar 0.84.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194845

Actions (login required)

View Item View Item