Penerapan simulasi simurelay dipadu dengan model pembelajaran creative problem solving untuk meningkatkan hasil belajar instalasi motor listrik pada siswa kelas xi paket keahlian teknik instalasi tenaga listrik smkn 1 kalianget / Nurfakhmi Ilham Firdaus - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan simulasi simurelay dipadu dengan model pembelajaran creative problem solving untuk meningkatkan hasil belajar instalasi motor listrik pada siswa kelas xi paket keahlian teknik instalasi tenaga listrik smkn 1 kalianget / Nurfakhmi Ilham Firdaus

Firdaus, Nurfakhmi Ilham Firdaus (2021) Penerapan simulasi simurelay dipadu dengan model pembelajaran creative problem solving untuk meningkatkan hasil belajar instalasi motor listrik pada siswa kelas xi paket keahlian teknik instalasi tenaga listrik smkn 1 kalianget / Nurfakhmi Ilham Firdaus. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dari hasil pengamatan yang dilakukan di SMKN 1 Kalianget mata pelajaraan instalasi motor listrik diketahui bahwa pembelajaran berpusat pada guru dan penerapan media pembelajaran kurang memadai. Siswa cenderung pasif dan tingkat pemahamannya tentang instalasi motor listrik cenderung rendah. Salah satu cara agar hasil belajar pada mata pelajaran instalasi motor listrik dengan menerapkan model pembelajaran yang membuat siswa lebih antusias dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran yang diterapkan yaitu Creative Problem Solving dengan bantuan simulasi Simurelay. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsi hasil belajar siswa setelah menerapkan simulasi Simurelay dipadu dengan model CPS pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik. (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah menerapkan peralatan bengkel sederhana dipadu dengan model CPS pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik. (3) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas yang menerapkan simulasi Simurelay dengan kelas yang tidak menerapkan simulasi Simurelay. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental Design dengan desain Pretest-Posttest. Teknik sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Pada penelitian ini ada dua kelas yang diteliti atau diterpakan perlakuan. Pada kelas ekperimen A menerapkan model pembelajaran CPS dengan bantuan simulasi Simurelay sedangakan kelas eksperimen B menerapkan model CPS dengan bantuan peralatan bengkel sederhana. Sebelum diberi perlakuan kemampuan awal siswa di uji kesamaan dua rata-rat menggunakan uji-t dan uji prasyarat analisis dengan bantuan Software SPSS. Setelah dilakukan perlakuan kedua kelas akan dibandingkan dan dicari tingkat signifikansinya. Analisis perbedaan dilakukan menggunakan uji-t dengan bantuan Software SPSS Independent Sample T-Test. Hasil belajar pada Kelas A memperoleh nilai rata-rata 76.21 sedangkan pada kelas B sebesar 72 . Hasil uji normalitas pada data hasil belajar siswa kelas A dan B menunjukkan nilai Sig. gt 0 05. Sehingga data hasil belajar dinyatakan terdistribusi normal. Hasil uji homogenitas pada data hasil belajar diketahui Sig. gt 0.05. Sehingga data hasil belajar dinyatakan homogen. Dari hasil penelitian dan anailisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat peningkatan hasil belajar pada kelas yang menggunakan media simulasi Simurelay dipadu dengan model pembelajaran CPS. (2) terdapat peningkatan hasil belajar pada kelas yang menerapkan peralatan bengkel sederhana dipadu dengan model pembelajaran CPS. (3) tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar ranah pengetahuan antara kelas yang menerapkan simulasi Simurelay dipadu dengan model pembelajaran CPS dan kelas yang tidak menerapkan simulasi simuralay dengan model serupa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194832

Actions (login required)

View Item View Item