Kontribusi social awareness dan emotional awareness terhadap kompetensi sosial sebagai calon guru mahasiswa program studi kependidikan di jurusan teknik elektro universitas negeri malang / Azka Erisa - Repositori Universitas Negeri Malang

Kontribusi social awareness dan emotional awareness terhadap kompetensi sosial sebagai calon guru mahasiswa program studi kependidikan di jurusan teknik elektro universitas negeri malang / Azka Erisa

Erisa, Azka Erisa (2021) Kontribusi social awareness dan emotional awareness terhadap kompetensi sosial sebagai calon guru mahasiswa program studi kependidikan di jurusan teknik elektro universitas negeri malang / Azka Erisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mahasiswa program studi kependidikan Jurusan Teknik Elektro dipersiapkan untuk menjadi calon guru. Sehingga mahasiswa prodi kependidikan penting untuk memiliki Kompetensi sosial sebagai calon guru (Y) agar mahasiswa dapat berkomunikasi dan bersosialisasi dengan baik. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kompetensi sosial mahasiswa sebagai calon guru diantaranya social awareness (X1) dan emotional awareness (X2). Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan tingkat X1 (2) mendeskripsikan tingkat X2 (3) mendeskripsikan tingkat Y (4) mengungkap signifikansi hubungan antara X1 dan Y (5) mengungkap signifikansi hubungan antara X2 dan Y (6) mengungkap signifikansi hubungan antara X1 dan X2 terhadap Y secara simultan dan (7) mengetahui seberapa besar kontribusi X1 dan X2 terhadap Y. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Sampel dari penelitian ini adalah mahasiswa aktif S1 PTE S1 PTI UM angkatan 2017 sejumlah 155 mahasiswa. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Tingkat reliabilitas variabel X1 X2 dan Y berturut turut adalah 0 915 0 855 dan 0 885. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis korelasi parsial dan regresi ganda analisis uji prasyarat dan analisis sumbangan efektif-relatif menggunakan bantuan SPSS. Hasil dari penelitian menunjukkan gambaran variabel X1 dikategorikan tinggi. Gambaran variabel X2 dikategorikan tinggi. Gambaran variabel Y dikategorikan sangat tinggi. Tingkat hubungan variabel X1 dengan Y termasuk kategori kuat. Tingkat hubungan variabel X2 dengan Y termasuk kategori rendah. Kontribusi variabel X1 dan X2 terhadap variabel Y berturut turut adalah 43 62% dan 10 08%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara X1 dengan Y X2 dengan Y serta X1 dan X2 secara simultan dengan Y.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194830

Actions (login required)

View Item View Item