Pengembangan bahan ajar pem fuel cell berbasis stem pada mata pelajaran perangkat pembangkit kompetensi keahlian teknik pembangkit tenaga listrik di smk / Julianna Jasmine - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar pem fuel cell berbasis stem pada mata pelajaran perangkat pembangkit kompetensi keahlian teknik pembangkit tenaga listrik di smk / Julianna Jasmine

Jasmine, Julianna Jasmine (2021) Pengembangan bahan ajar pem fuel cell berbasis stem pada mata pelajaran perangkat pembangkit kompetensi keahlian teknik pembangkit tenaga listrik di smk / Julianna Jasmine. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fuel cell adalah salah satu pembangkit energi terbarukan. Fuel cell membangkitkan energi listrik DC melalui proses elektrokimia. Fuel cell termasuk dalam pembangkit yang ramah lingkungan karena tidak menghasilkan limbah dalam pembangkitannya namun hanya menghasilkan panas dan air. PEMFC (Proton Exchange Membrane Fuel Cell) merupakan salah satu jenis fuel cell yang sering digunakan pada saat ini. Minimnya pengetahuan tentang proses elektrokimia yang terdapat pada fuel cell sehingga dibutuhkan bahan ajar yang menunjang pembelajaran fuel cell dengan menerapkan pembelajaran berbasis STEM (Science Technology Engineering and Mathematic). Penerapan STEM dalam bahan ajar dapat membantu mengembangkan pengetahuan yang dimiliki oleh siswa membantu menjawab pertanyaan berdasarkan penyelidikan dan dapat membantu siswa untuk mengkreasi suatu pengetahuan baru. Bahan ajar berbasis website dan aplikasi smartphone dianggap sebagai pembelajaran yang efektif pada pandemi Covid-19. Dari permasalahan yang telah dipaparkan penelitian ini dianggap penting untuk pendidikan di Indonesia peneliti bermaksud mengembangkan bahan ajar PEMFC berbasis STEM yang digunakan pada mata pelajaran Perangkat Pembangkit di SMK kompetensi keahlian Teknik Pembangkit Tenaga Listrik. Tujuan dari pengembangan ini adalah (1) merancang dan mengembangkan bahan ajar PEMFC berbasis STEM (2) menguji dan memvalidasi bahan ajar PEMFC berbasis STEM (3) mengevaluasi kelayakan dan menguji coba bahan ajar PEMFC berbasis STEM. Bahan ajar PEMFC dengan nama Robo-PEM menggunakan media berupa aplikasi smartphone website dan trainer Robo-PEM untuk media praktikum siswa. Bahan ajar ini telah dilakukan validasi materi dan media oleh para ahli. Rata ndash rata persentase hasil validasi materi sebesar 90 86% pada materi pembelajaran dan 96 53% pada jobsheet trainer Robo-PEM. Rata ndash rata persentase hasil validasi media sebesar 97 22% pada bahan ajar di aplikasi Robo-PEM 94 91% pada bahan ajar di website Robo-PEM 95 37% pada interactive media dan 98 33% pada trainer Robo-PEM. Hasil validasi materi dan media memiliki kriteria sangat valid dan layak di lakukan uji coba. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas XII dan XI kompetensi keahlian Teknik Pembangkit Tenaga Listrik di SMK Brantas Karangkates Kabupaten Malang. Uji coba produk dilakukan pada 10 siswa kelas XII dengan persentase 89 92% dan memiliki kriteria sangat layak sementara uji coba pemakaian dilakukan oleh seluruh kelas XI dengan persentase 91 51% dan memiliki kriteria sangat layak dan bahan ajar Robo-PEM dapat digunakan dalam kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194816

Actions (login required)

View Item View Item