Penerapan pembelajaran fisika berbasis observasi gejala fisis untuk meningkatkan kemampuan bertanya siswa kelas XI SMKN 7 Malang / Isti'anah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran fisika berbasis observasi gejala fisis untuk meningkatkan kemampuan bertanya siswa kelas XI SMKN 7 Malang / Isti'anah

UNSPECIFIED (2010) Penerapan pembelajaran fisika berbasis observasi gejala fisis untuk meningkatkan kemampuan bertanya siswa kelas XI SMKN 7 Malang / Isti'anah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Isti anah.2009. Penerapan Pembelajaran Fisika Berbasis Observasi Gejala Fisis Untuk Meningkatkan Kemampuan Bertanya Siswa Kelas XI SMKN 7 Malang. Skripsi Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs.Sutarman (II) Drs.Edi Supriana M.Si Kata kunci Pembelajaran Berbasis Observasi Gejala Fisis Kemampuan bertanya Peningkatan Kemampuan Bertanya. Berdasarkan hasil observasi nampak bahwa selama proses belajar mengajar fisika berlangsung di kelas XI di SMKN 7 Malang hanya ada 1 siswa yang mau bertanya siswa pasif hanya diam dan mendengarkan penjelasan guru. Pembelajaran fisika yang diterapkan belum mampu membuat siswa aktif dan antusias untuk mengajukan pertanyaan selama mengikuti proses pembelajaran sehingga perlu dicoba pembelajaran baru yaitu pembelajaran berbasis observasi gejala fisis. Pembelajaran ini terdiri dari 4 tahap yaitu tahap observasi meliputi demonstrasi yang dilakukan guru sementara siswa mengamati tahap pengajuan masalah yaitu siswa mengajukan pertanyaan berdasarkan gejala yang telah diamati tahap penyelesaian masalah meliputi percobaan dan diskusi tahap pemantapan konsep yaitu guru memberikan pengembangan konsep dan contoh serta latihan soal. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kwalitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas XI SMKN 7 Malang. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Tindakan yang diberikan berupa pembelajaran berbasis observasi gejala fisis. Tahapan penelitian ini adalah observasi awal perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan dan refleksi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis observasi gejala fisis dapat meningkatkan kemampuan bertanya siswa dengan persentase rerata nilai kemampuan bertanya 62.50 % pada siklus I dan 72.38 % pada siklus II sehingga terjadi peningkatan 9.88 %. Nilai ini sesuai dengan target yang ingin dicapai yaitu berkriteria baik sesuai dengan kriteria keberhasilan yang diajukan oleh Margono 2007 dan telah memenuhi SKM yang telah ditetapkan oleh sekolah. Penelitian ini juga mampu meningkatkan aktivitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/19480

Actions (login required)

View Item View Item