Pengembangan media pembelajaran perencanaan belitan stator motor kapasitor berbasis delphi pada matapelajaran memperbaiki motor listrik paket keahlian teknik instalasi tenaga listrik di SMK Negeri 6 Malang / Mokhamad Choirul - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran perencanaan belitan stator motor kapasitor berbasis delphi pada matapelajaran memperbaiki motor listrik paket keahlian teknik instalasi tenaga listrik di SMK Negeri 6 Malang / Mokhamad Choirul

Choirul, Mokhamad (2020) Pengembangan media pembelajaran perencanaan belitan stator motor kapasitor berbasis delphi pada matapelajaran memperbaiki motor listrik paket keahlian teknik instalasi tenaga listrik di SMK Negeri 6 Malang / Mokhamad Choirul. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Memperbaiki Motor Listrik merupakan salah satu matapelajaran muatan lokal dalam program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 6 Malang. Matapelajaran ini terdapat kompetensi dasar Memperbaiki Motor Listrik yang merupakan salah satu materi pembelajaran pokok yaitu melilit kumparan stator motor listrik. Matapelajaran memperbaiki motor listrik di tempuh oleh siswa kelas XII program keahlian TITL. Berdasarkan penjelasan tersebut maka diharapkan siswa kelas XII program Keahlian TITL mampu merencanakan belitan stator motor kapasitor yang kelak dapat digunakan sebagai bekal saat memasuki dunia kerja. Dari hasil observasi dan telaah pada matapelajaran memperbaiki motor listrik di SMK Negeri 6 Malang perihal materi perencanaan belitan stator motor kapasitor media pembelajarannya masih terbatas berupa gambar perencanaan bentangan kumparan stator saja sehingga siswa tidak mengerti tata cara membelit ulang stator motor kapasitor yang baik dan benar sesuai prosedur. Ketika dilakukan observasi peneliti menemukan banyak siswa yang belum paham menggunakan alat praktikum seperti pasak kumparan sisir kumparan dan cara memasukkan kumparan ke dalam alurnya pun masih belum sesuai dengan aturan. Keterbatasan media pembelajaran yang ada ini dapat memperlambat proses praktikum yang dihadapi oleh siswa sehingga target pelaksanaan pembelajaran tidak tercapai dengan baik. Maka dalam pembelajaran ini siswa membutuhkan media pembelajaran perencanaan belitan stator motor kapasitor berupa video tutorial praktikum yang baik dan benar serta menarik sehingga mudah dipahami oleh siswa dan tujuan pembelajaran dapat tercapai lebih maksimal. Pengembangan dan penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu (1) analysis (2) design (3) development (4) implementasi dan (5) evaluate. Subjek uji coba yaitu ahli I ahli II dan pengguna yang menempuh matapelajaran memperbaiki motor listrik di SMK Negeri 6 Malang. Untuk uji coba kepada siswa menggunakan teknik purposesampling karena pada model ADDIE tidak dibahas mengenai jumlah subjek kepada siswa serta jumlah yang tidak mencukupi jika dilakukan pengujian kelompok kecil dan pengujian kelompok besar dengan kriteria siswa kelas XII Paket Keahlian TITL di SMK Negeri 6 Malang yang menempuh matapelajaran memperbaiki motor listrik sebanyak 30 siswa. Berdasarkan hasil uji coba didapatkan presentase dari masing-masing subjek uji coba sebagai berikut (1) ahli I sebesar 91 67% (2) ahli II sebesar 94 16% dan (3) pengguna sebesar 84 51%. Hasil validasi RPP sebagai berikut (1) ahli I sebesar 93 75% dan (2) ahli II sebesar 90 62%. Berdasarkan hasil uji coba tersebut maka pengembangan media pembelajaran perencanaan belitan stator motor kapasitor ini layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Mar 2020 04:29
Last Modified: 19 Dec 2022 02:22
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194799

Actions (login required)

View Item View Item