Pengembangan bahan ajar dasar listrik dan elektronika dengan model pembelajaran problem solving untuk siswa kelas X Jurusan Teknik Instalasi tenaga Listrik di SMK Negeri 3 Jombang / Ahmad Aziz Al Faqih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar dasar listrik dan elektronika dengan model pembelajaran problem solving untuk siswa kelas X Jurusan Teknik Instalasi tenaga Listrik di SMK Negeri 3 Jombang / Ahmad Aziz Al Faqih

Al Faqih, Ahmad Aziz (2020) Pengembangan bahan ajar dasar listrik dan elektronika dengan model pembelajaran problem solving untuk siswa kelas X Jurusan Teknik Instalasi tenaga Listrik di SMK Negeri 3 Jombang / Ahmad Aziz Al Faqih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengembangan Bahan Ajar Dasar Listrik Dan Elektronika Dengan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Siswa Kelas X Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik Di SMK Negeri 3 JombangBahan ajar adalah segala bentuk bahan baik berupa informasi alat teks materi yang disusun secara sistematis yang digunakan untuk membantu guru dalam kegiatan pembelajaran baik tertulis maupun tidak tertulis sehingga memudahkan siswa dalam proses pembelajaran. Mata pelajatan Dasar Listrik dan Elektronika merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan pada siswa kelas X SMK program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika hanya diberikan pada dua semester awal sehingga siswa harus benar-benar mampu memahami dasar dari materi tersebut. Problem solving adalah model pembelajaran yang berorientasi pada pemecahan masalah Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah (1) Merancang bahan ajar Dasar Listrik dan Elektronika dengan model pembelajaran problem solving untuk pembelajaran di SMKN 3 Jombang (2) Membuat bahan ajar Dasar Listrik dan Elektronika dengan model pembelajaran problem solving untuk pembelajaran di SMKN 3 Jombang (3) Menguji kelayakan bahan ajar Dasar Listrik dan Elektronika dengan model pembelajaran problem solving untuk pembelajaran di SMKN 3 Jombang. Model pengembangan yang di gunakan adalah model pengembangan ADDIE dimana dalam model ini terdapat lima tahapan yaitu (1) Analysis (2) Design (3) Development (4) Implementation (5) Evaluation. Hasil dari pengembangan bahan ajar ini berupa modul ajar cetak yang telah divalidasi oleh ahli serta telah diuji cobakan kepada siswa melalui uji kelayakan. Bahan ajar ini telah divalidasi oleh ahli 1 dan ahli 2 serta telah diuji cobakan kepada siswa kelas X di SMKN 3 Jombang melalui uji kelayakan. Kelayakan bahan ajar diketahui berdasarkan hasil angket. Hasil angket review oleh ahli 1 bahan ajar pegangan siswa memperoleh persentase 96 32% (sangat valid) dan bahan ajar pegangan guru memperoleh persentase 96 15% (sangat valid) hasil angket review ahli 2 bahan ajar pegangan siswa memperoleh persentase 96 32% (sangat valid) dan bahan ajar pegangan guru memperoleh persentase 94 11% (sangat valid) dan uji coba lapangan memperoleh persentase sebesar 89 09% (sangat valid). Berdasarkan skor tersebut bahan ajar dinyatakan sangat valid dan layak digunakan dalam pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194786

Actions (login required)

View Item View Item