Penerapan pembelajaran kooperatif model two stay two stray (TSTS) untuk meningkatkan aspek kognitif dan aspek afektif siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Singosari / Bahrul Arif - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model two stay two stray (TSTS) untuk meningkatkan aspek kognitif dan aspek afektif siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Singosari / Bahrul Arif

Bahrul (2009) Penerapan pembelajaran kooperatif model two stay two stray (TSTS) untuk meningkatkan aspek kognitif dan aspek afektif siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Singosari / Bahrul Arif. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan observasi awal dan wawancara dengan guru fisika SMP Negeri 1 Singosari didapatkan bahwa nilai rata-rata aspek kognitif siswa pada kelas VII D masih rendah yaitu 62. Proses pembelajaran yang biasa dilaksanakan menggunakan model ceramah yaitu penyampaian materi secara utuh kepada siswa dan diselingi dengan latihan-latihan soal pembelajaran seperti ini menyebabkan siswa cenderung pasif dan pembelajaran kurang berarti bagi siswa. Siswa kurang memperoleh pengalaman langsung dan guru kurang memberikan kesempatan serta kepercayaan terhadap diri siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Hal ini juga berdampak pada rendahnya aspek afektif siswa. Berdasarkan permasalahan ini peneliti melakukan upaya perbaikan dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model two stay two stray (TSTS). Tujuan dari penelitian ini adalah 1) melaksanakan pembelajaran kooperatif model two stay two stray (TSTS) 2) meningkatkan aspek kognitif siswa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model two stay two stray (TSTS) 3) meningkatkan aspek afektif siswa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model two stay two stray (TSTS). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas dengan memberikan tindakan berupa pembelajaran kooperatif model two stay two stray (TSTS) yang terdiri dari 3 siklus. Sebagai subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Singosari berjumlah 36 siswa. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes aspek kognitif fisika berupa ulangan harian akhir siklus dan lembar observasi aspek afektif pada saat proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Singosari mengalami peningkatan aspek kognitif dan aspek afektif setelah diberi tindakan berupa penerapan pembelajaran kooperatif dengan menggunakan model two stay two stray (TSTS). Peningkatan aspek kognitif ditandai dengan meningkatnya nilai rata-rata siswa dari sebelum tindakan 62 meningkat pada siklus I menjadi 72 meningkat pada siklus II menjadi 80 dan meningkat pada siklus III menjadi 88. Peningkatan nilai rata-rata aspek afektif dari siklus I sebesar 76 meningkat menjadi 83 pada siklus II dan meningkat menjadi 91 ada siklus III. Penerapan pembelajaran kooperatif model two stay two stray (TSTS) dengan prosentase keterlaksanaan sebesar 93 % terbukti mampu meningkatkan aspek kognitif dan aspek afektif siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/19478

Actions (login required)

View Item View Item