Perbandingan model blended learning dan challenge based learning (CBL) dipadu dengan metode drill terhadap kreativitas dan pemahaman konsep mata pelajaran pemograman mikroprosesor dan mikrokontroler siswa kelas X elekronika industri SMK Negeri 1 Kepanjen / Vendy Dyan Dwi Saputra - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan model blended learning dan challenge based learning (CBL) dipadu dengan metode drill terhadap kreativitas dan pemahaman konsep mata pelajaran pemograman mikroprosesor dan mikrokontroler siswa kelas X elekronika industri SMK Negeri 1 Kepanjen / Vendy Dyan Dwi Saputra

Saputra, Vendy Dyan Dwi (2020) Perbandingan model blended learning dan challenge based learning (CBL) dipadu dengan metode drill terhadap kreativitas dan pemahaman konsep mata pelajaran pemograman mikroprosesor dan mikrokontroler siswa kelas X elekronika industri SMK Negeri 1 Kepanjen / Vendy Dyan Dwi Saputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemilihan model pada0pembalajaran yang berpusat pada siswa manjadi hal yang berpangaruh pada hasil belajar siswa. Model yang dipilih disesuaikan dengan karakteristik siswa sehingga proses kegiatan belajar bisa berlangsung dengan baik. Khususnya pada mata pelajaran yang0memiliki tingkat kesukaran yang cukup tinggi. Oleh kerena itu pemilihan model pembelajaran yang tepat dengan metode yang sesuai akan menghasilkan hasil belajar yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendiskripsikan tingkat kemampuan Kreativitas Pemograman Mikroprosesor dan Mikrokontroler pada ranah psikomotorik pada kelas yang menggunakan model Blended Learning dengan dipadu metode drill pada siswa kelas X TEI SMK Negeri 1 Kepanjen. (2) Mendiskripsikan tingkat kemampuan Pemahaman Konsep Pemograman Mikroprosesor dan Mikrokontroler pada ranah kognitif pada kelas yang menggunakan model Challenge Based Learning (CBL) dengan dipadu metode drill pada siswa0kelas X TEI SMK Negeri 1 Kepanjen. (3) Mengetahui signifikansi perbedaan kemampuan kreativitas dalam ranah psikomotorik dan pemahaman konsep dalam ranah kognitif pada mata pelajaran Pemograman Mikroprosesor dan Mikrokontroler siswa pada kelas yang menggunakan model Blended Learning dengan kelas yang menggunakan model Challenge Based Learning (CBL) dipadu dengan metode drill pada siswa kelas X TEI SMK Negeri 1 Kepanjen.Penelitian ini adalah penilitian eksperimen menggunakan metode penelitian eksperimen quesi experimental design dan menggunakan tipe pretest-posttest non-equivalent control group design.. Penelitian ini menggunakan sampel dua kelas yaitu kelas eksperimen A dan Kelas eksperimen B. Kelas A dengan penerapan model Blended Learning dan kelas B dengan model Challenge Based Learning (CBL) dengan dipadu satu metode drill. Model Blended Learning dipadu dengan metode Drill merupakan model yang lebih unggul dengan memperoleh nilai pemahaman konsep rata-rata 82 11 dengan kategori sangat tinggi dan nilai kreativitas dengan nilai rata-rata 77 77 yang masuk kategori tinggi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194770

Actions (login required)

View Item View Item