Hubungan cognitive flexibility dan vocational skill dengan kemampuan adaptasi di dunia kerja sebagai teknisi pada siswa SMK Program Keahlian Ketenagalistrikan di Kota Malang / Yunita Puji Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan cognitive flexibility dan vocational skill dengan kemampuan adaptasi di dunia kerja sebagai teknisi pada siswa SMK Program Keahlian Ketenagalistrikan di Kota Malang / Yunita Puji Lestari

Lestari, Yunita Puji (2020) Hubungan cognitive flexibility dan vocational skill dengan kemampuan adaptasi di dunia kerja sebagai teknisi pada siswa SMK Program Keahlian Ketenagalistrikan di Kota Malang / Yunita Puji Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterserapan lulusan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) yang rendah di dunia kerja menjadikan lulusan SMK menjadi penyumbang tertinggi TPT (Tingkat Pengangguran Terbuka) di Indonesia. Perubahan dari dunia sekolah ke dunia kerja menjadi tantangan tersendiri bagi siswa SMK. Siswa perlu memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri di dunia kerja agar dapat beradaptasi dengan lingkungan kerjanya sehingga tujuan yang akan dicapai sesuai dengan yang diharapkan. Adapun aspek yang mendukung yaitu cognitive flexibility dan vocational skill. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan tingkat Y (2) mendeskripsikan tingkat X1 (3) mendeskripsikan tingkat X2 (4) mengungkap signifikansi hubungan antara X1 dengan Y (5) mengungkap signifikansi hubungan antara X2 dengan Y dan (6) mengungkap signifikansi hubungan antara X1 dan X2 dengan Y. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Populasi penelitian meliputi siswa SMK komptensi keahlian kompetensi Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) di Kota Malang (sebanyak 3 sekolah) berjumlah 95 siswa yang telah melaksanakan PRAKERIN (kelas XII). Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh sehingga semua populasi dijadikan sampel penelitian dengan maksud memperoleh hasil dengan tingkat kesalahan yang kecil. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Tingkat reliabilitas variabel X1 X2 dan Y berturut-turut yaitu 0 902 0 886 0 945. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis hipotesis parsial dan simultan (model analisis regresi linier berganda) berbantuan software SPSS. Pengambilan keputusan dilakukan dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan gambaran variabel X1 dikategorikan sangat tinggi dengan presentase 53 68%. Gambaran variabel X2 dikategorikan sangat tinggi dengan presentase 60%. Gambaran variabel Y dikategorikan sangat tinggi dengan presentase 61 05%. Kontribusi terhadap kemampuan adaptasi di dunia kerja sebagai teknisi untuk sumbangan relatif cognitive flexibility yaitu 51 7% dan sumbangan relatif vocational skill yaitu 48 3%. Sumbangan efektif cognitive flexibility yaitu 34 71% dan sumbangan efektif vocational skill yaitu 32 44%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara X1 dengan Y X2 dengan Y serta X1 dan X2 secara simultan dengan Y.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194762

Actions (login required)

View Item View Item