Efektivitas modul pembangkit listrik tenaga surya terhadap hasil belajar pembangkit tenaga listrik pada mahasiswa s1 pendidikan teknik elektro jurusan teknik elektro universitas negeri malang / Uci Nur Priyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas modul pembangkit listrik tenaga surya terhadap hasil belajar pembangkit tenaga listrik pada mahasiswa s1 pendidikan teknik elektro jurusan teknik elektro universitas negeri malang / Uci Nur Priyanti

Priyanti, Uci Nur Priyanti (2021) Efektivitas modul pembangkit listrik tenaga surya terhadap hasil belajar pembangkit tenaga listrik pada mahasiswa s1 pendidikan teknik elektro jurusan teknik elektro universitas negeri malang / Uci Nur Priyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perguruan tinggi merupakan lembaga pendidikan yang mendukung kemandirian belajar mahasiswa. Sedangkan modul merupakan sumber belajar yang dapat dipelajari secara mandiri oleh mahasiswa. Keselarasan konsep pendidikan dan sumber belajar yang tersedia dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan efektivitas modul PLTS dilihat dari hasil belajar Pembangkit Tenaga Listrik pada mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pre-experimental dengan desain penelitian one group pretest posttest. Sampel yang digunakan pada penelitian ini merupakan mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro 2021 Offering A sebanyak 30 mahasiswa. Data yang dikumpulkan berupa data pretest dan posttest. Data pretest merupakan data nilai yang diambil sebelum mahasiswa melakukan pembelajaran mandiri menggunakan modul PLTS. Sedangkan data posttest merupakan data nilai yang diambil setelah mahasiswa melakukan pembelajaran mandiri menggunakan modul PLTS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 19 mahasiswa mendapat nilai A (85-100) 6 mahasiswa mendapat nilai A- (80-84) dan 5 mahasiswa mendapat nilai B (75-79) setelah belajar mandiri menggunakan modul PLTS. Selain itu terdapat perbedaan nilai rata-rata pada pretest (69 00) dan posttest (85 33) yang menunjukkan peningkatan hasil belajar setelah menggunakan modul PLTS. Selanjutnya dihasilkan N-Gain Score sebesar 52 3% yang menunjukkan bahwa efektivitas modul PLTS mempunyai kategori sedang untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah modul PLTS terbukti efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar Pembangkit Tenaga Listrik pada mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Modul PLTS efektif berpengaruh terhadap ketuntasan belajar dan peningkatan hasil belajar mahasiswa. Saran yang dianjurkan dalam penelitian ini yaitu modul PLTS dapat digunakan sebagai sumber belajar mandiri pada mata kuliah Pembangkit Tenaga Listrik untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194756

Actions (login required)

View Item View Item