Dani, Ayunda Agus Rahma (2021) Hubungan personal goal setting dan mastery experience dengan kesiapan sebagai guru kejuruan berketerampilan abad 21 pada mahasiswa s1 pendidikan teknik elektro Universitas Negeri Malang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Sekolah menengah kejuruan (SMK) membutuhkan guru profesional untuk mempersiapkan peserta didik menghadapi tantangan globalisasi. Kesiapan sebagai guru kejuruan yang berketermpilan di abad 21 penting dimiliki mahasiswa S1 PTE sebagai calon guru SMK. Beberapa cara yang dapat mempengaruhi kesiapan mahasiswa menjadi guru kejuruan berketerampilan abad 21adalah personal goal setting mastery experience.Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan tingkat personal goal setting (X1) mastery experience (X2) dan kesiapan sebagai guru kejuruan berketerampilan di abad 21 (Y) (2) mengungkap hubungan secara parsial antara X1) dengan (Y) dan (X2) dengan (Y) dan (3) mengungkap hubungan secara simultan antara (X1) dan (X2) dengan (Y). Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Sampel penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro angkatan 2017 berjumlah 87 mahasiswa. Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Alat pengumpulan data penelitian menggunakan kuisioner yang sudah di uji validitas dan realibilitas. Variabel Y X1 dan X2 memiliki nilai reliabilitas secara berurutan yaitu 0.918 0.891 dan 0.887. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis korelasional parsial dan regresi ganda analisis uji prasyarat dan analisis sumbangan efektif dan relatif dengan bantuan SPPS. Hasil yang didapatkan dari penelitian adalah tingkat Y berkategori sangat tinggi dengan presentase 67% tingkat X1 berkategori sangat tinggi dengan presentase 64% dan tingkat X2 berkategori sangat tinggi dengan presentase 61%. Hubungan secara parsial antara X1 dengan Y mempunyai nilai sig. (0.000 lt 00.5) dan antara X2 dengan Y mempunyai nilai sig. (0.000 lt 0.05). Hubungan secara simultan antara X1 dan X2 dengan Y mempunyai nilai sig.F (0.000 lt 0.05) dengan nilai R sebesar 0.703. kontribusi X1 dan X2 terhadap Y untuk sumbangan efektif X1 sebesar 19 74% X2 sebesar 29 65% dan sumbangan efektif X1 sebesar 62% X2 sebesar 38%. Kesimpulan dari penelitian adalah (1) Tingkat X1 X1 dan Y dalam kategori sangat tinggi (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara parsial antara X1 dengan Y antara X2 dengan Y dan (3) terdapat hubungan yang positif dan signikan secara simultan antara X1 dan X2 dengan Y.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Dec 2021 04:29 |
Last Modified: | 14 Aug 2023 04:29 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/194753 |
Actions (login required)
View Item |