Hubungan aktualisasi diri dan kemampuan komunikasi dengan adaptabilitas karier abad 21 siswa kelas xii kompetensi keahlian teknik instalasi tenaga listrik (titl) di kota malang / Devani Aulia Zulfa - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan aktualisasi diri dan kemampuan komunikasi dengan adaptabilitas karier abad 21 siswa kelas xii kompetensi keahlian teknik instalasi tenaga listrik (titl) di kota malang / Devani Aulia Zulfa

Zulfa, Devani Aulia Zulfa (2021) Hubungan aktualisasi diri dan kemampuan komunikasi dengan adaptabilitas karier abad 21 siswa kelas xii kompetensi keahlian teknik instalasi tenaga listrik (titl) di kota malang / Devani Aulia Zulfa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abad ke-21 merupakan abad yang ditandai dengan semakin bertautnya dunia ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Perkembangan IPTEK yang pesat berdampak besar pada dunia kerja dimana siswa dituntut untuk memiliki keterampilan abad ke-21 yang diperlukan dunia kerja. Sebagai tenaga kerja yang ahli siswa harus mampu merencanakan karier mampu beradaptasi dan mampu menguasai teknologi saat ini. Bekal yang dimiliki siswa selain merencanakan karier yaitu membangun relasi. Adaptabilitas karier abad 21 siswa di pengaruhi oleh beberapa faktor yaitu Aktualisasi diri dan Kemampuan komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) mendeskripsikan adaptabilitas karier Abad 21 (Y) (2) mendeskripsikan kemampuan komunikasi (X2) (3) mendeskripsikan aktualisasi diri (X1) (4) mengungkap adanya signifikansi hubungan antara (X1) dan (Y) (5) mengungkap adanya signifikansi hubungan antara (X2) dan (Y) (6) mengungkap adanya signifikansi hubungan antara (X1) dan (X2) dengan (Y) secara simultan. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto jenis causal research (penelitian korelasi) dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive tipe jenuh sebanyak 97 responden yang berstatus sebagai siswa kelas XII Kompetensi Keahlian TITL di Kota Malang yang telah melakukan prakerin. Instrumen yang digunakan untuk variabel X1 X2 Y berupa angket yang menggunakan skala Likert 4. Variabel X1 X2 Y memiliki tingkat reliabilitas secara berurutan adalah 0.903 0.831 dan 0.885. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi parsial dan regresi ganda analisis uji prasyarat dan sumbangan efektif-relatif menggunakan bantuan SPSS. Hasil penelitian diketahui (1) Aktualisasi diri pada kategori sangat tinggi (2) Kemampuan komunikasi pada kategori tinggi (3) Adaptabilitas karier abad 21 pada kategori sangat tinggi (4) Koefisien korelasi parsial X1 dengan Y sebesar 0 613 dan taraf signifikansi 0 000 (5) Koefisien korelasi parsial X2 dengan Y sebesar 0 444 dan taraf signifikansi 0 000 (6) Koefisien korelasi simultan X1 dan X2 dengan Y sebesar 0 749 dan taraf signifikansi 0 000. Kontribusi X1 dan X2 terhadap Y untuk sumbangan efektif X1 sebesar 46 92% X2 sebesar 27 98% dan sumbangan relatif X1 sebesar 63% X2 sebesar 37%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara X1 dengan Y (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara X2 dengan Y (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara X1 dan X2 secara simultan dengan Y pada siswa kelas XII Kompetensi Keahlian TITL di Kota Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Dec 2021 04:29
Last Modified: 11 Oct 2023 06:41
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194752

Actions (login required)

View Item View Item