Pengembangan gumzapp dengan model project based learning untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di smk / Ilham Gumelar Arfiyan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan gumzapp dengan model project based learning untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di smk / Ilham Gumelar Arfiyan

Arfiyan, Ilham Gumelar Arfiyan (2021) Pengembangan gumzapp dengan model project based learning untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di smk / Ilham Gumelar Arfiyan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masalah yang terdapat pada pembelajaran di SMKN 2 Singosari yang di alami peserta didik kelas XI khususnya pada materi pokok Graphical User Interface (GUI) yaitu dalam proses pembelajaranya guru jarang sekali menggunakan media yang interaktif guru hanya menggunakan media pembelajaran yang sangat sederhana yaitu menggunakan aplikasi langsung bernama netbeans guru juga tidak mempunyai modul ajar dalam praktik pembuatan Graphical User Interface (GUI). Media pembelajaran tersebut memiliki banyak kelemahan yaitu akan membuat proses pembelajaran tidak interaktif peserta didik kurang inisiatif untuk membuat program sesuai keinginan mereka sendiri peserta didik juga mudah merasa bosan dan susah menerima pelajaran sehingga peserta didik kurang menguasai materi pokok Graphical User Interface (GUI) belum adanya media pembelajaran interaktif berbasis desktop serta motivasi belajar peserta didik cenderung rendah. Tujuan penelititian ini yaitu mengetahui pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis desktop bernama Gumzapp dalam menambah motivasi belajar mengetahui kelayakan media pembelajaran dan mengetahui motivasi belajar peserta didik dalam menggunakan Gumzapp berbasis desktop. Penelitian ini menggunakan pengembangan ADDIE yang terdapat model PjBL. Disini peneliti menggunakan instrument pengukuran yaitu angket dalam mengukur kelayakan media pembelajaran serta motivasi belajar siswa. Uji coba perorangan kelayakan media mendapatkan 3 77 angket uji coba perorangan motivasi belajar mendapat 3 43. Dari uji coba skala besar kelayakan media pembelajaran yang diperoleh mendapat rata-rata 4 21. Sedangkan angket uji coba kelompok besar motivasi belajar mendapat mean/rata-rata 4 16. Kesimpulan yang didapat yaitu Gumzapp bisa digunakan untuk media pembelajaran mata pelajaran Graphical User Interface.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194750

Actions (login required)

View Item View Item