Animasi pembelajaran bermuatan self-directed learning untuk meningkatan minat belajar sistem komputer bagi siswa kelas x program keahlian multimedia / AFIT SULTON ADISTY - Repositori Universitas Negeri Malang

Animasi pembelajaran bermuatan self-directed learning untuk meningkatan minat belajar sistem komputer bagi siswa kelas x program keahlian multimedia / AFIT SULTON ADISTY

Adisty, Afit Sulton Adisty (2021) Animasi pembelajaran bermuatan self-directed learning untuk meningkatan minat belajar sistem komputer bagi siswa kelas x program keahlian multimedia / AFIT SULTON ADISTY. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Proses pembelajaran di Indonesia di era sekarang menemui beberapa kendala seperti dengan adanya pandemi COVID-19 yang berdampak pada proses pembelajaran yang alihkan secara online. Hal tersebut berdampak pada minat belajar siswa SMK program keahlian Multimedia di Kota Malang terutama pada mata pelajaran sistem komputer. Siswa merasa kesulitan selama belajar sistem komputer karena model pembelajaran yang digunakan guru masih konvensional atau masih dengan metode ceramah. Media pembelajaran yang digunakan saat ini juga masih dalam bentuk buku padahal siswa lebih memilih media pembelajaran berupa video yang diakses melalui media penyebarluasan seperti youtube. Berawal dari hal tersebut diperlukan media pembelajaran yang efektif dan menarik minat siswa dengan menerapkan Self-Directed Learning yang memungkinkan siswa dapat mengambil inisiatif sendiri dalam diagnosis kebutuhan belajar. Media yang digunakan untuk menerapkan Self-Directed Learning adalah berupa video animasi pembelajaran. Animasi merupakan salah satu media presentasi yang dapat digunakan untuk menyampaikan pembelajaran dan sedang ramai digunakan pada masa kini. Kelebihan dari animasi adalah dapat menjadi stimulus positif bagi siswa untuk menumbuhkan minat dan kreatifitas belajar siswa karena menarik dan inovatif. Animasi diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami dan menerima proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Berdasarkan uraian tersebut maka penelitian ini dilakukan dengan mengembangkan sebuah media pembelajaran berupa animasi pembelajaran dengan tujuan menarik minat siswa dalam proses pembelajaran sistem komputer baik di dalam maupun di luar kelas. Pengembangan Animasi sebagai media pembelajaran ini menggunakan perangkat lunak Adobe Illustrator Adobe After Effects dan Adobe Premiere. Animasi pembelajaran ini diterapkan pada mata pelajaran Sistem Komputer pada Program Keahlian Multimedia Kelas X Semester 2. Dimana konten dari animasi ini bermuatan Self-Directed Learning pada materi mikrokontroler sehingga dihasilkan konten yang menjelaskan materi tersebut. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model menurut Sugiyono yang terdiri dari 10 tahap. Subjek dalam penelitian dan pengembangan ini adalah siswa dari SMK Negeri 4 Malang program keahlian Multimedia kelas X yang sedang atau telah menempuh mata pelajaran Sistem Komputer.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Nov 2021 04:29
Last Modified: 16 Dec 2022 07:25
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194742

Actions (login required)

View Item View Item