Pengembangan media game based learning menggunakan mekanisme Role Playing Games (RPG) sebagai penunjang mata pelajaran pemrograman dasar program keahlian teknik komputer dan informatika / Mochammad Fachrizal Afandi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media game based learning menggunakan mekanisme Role Playing Games (RPG) sebagai penunjang mata pelajaran pemrograman dasar program keahlian teknik komputer dan informatika / Mochammad Fachrizal Afandi

Afandi, Mochammad Fachrizal (2020) Pengembangan media game based learning menggunakan mekanisme Role Playing Games (RPG) sebagai penunjang mata pelajaran pemrograman dasar program keahlian teknik komputer dan informatika / Mochammad Fachrizal Afandi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kegiatan pembelajaran untuk peserta didik di era saat ini khususnya pada mata pelajaran produktif harus menarik inovatif dan menyenangkan. Demi mewujudkan hal tersebut upaya yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan media yang sesuai. Sesuai yang dimaksud adalah media yang digunakan cocok dengan karakteristik dari peserta didik. Hasil observasi yang dilakukan penulis di SMK Negeri 1 Kepanjen menunjukkan bahwa peserta didik mengaku kurang memahami materi-materi produktif khususnya pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar. Peserta didik mengaku bahwa pemrograman dasar membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk mencerna materi yang disampaikan. Terlebih lagi pada saat penyampaian materi pendidik kerap menggunakan media yang sifatnya kurang interaktif sehingga peserta didik cepat jenuh. Oleh karena itu untuk mengatasi permasalahan yang telah dipaparkan sebelumnya penulis mengembangkan sebuah game based learning (game edukasi) yang menggunakan mekanisme role playing games (RPG) sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari game edukasi yang dikembangkan penulis. Penulis mengembangkan sebuah game edukasi yang mengunakan mekanisme role playing games (RPG) pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar. Kompetensi atau materi yang termuat dalam game edukasi ini meliputi KD 3.2 (perangkat lunak bahasa pemrograman) KD 3.4 (tipe data variabel operator dan konstanta) dan KD 3.6 (sistem kontrol percabangan). Penelitian ini menggunakan model penelitian ADDIE sesuai yang dikemukakan oleh Branch (2009). Subjek uji coba dari penelitian ini meliputi ahli materi ahli media dan juga peserta didik kelas X RPL 4 dan X TKJ 4 di SMK Negeri 1 Kepanjen. Media pembelajaran yang dikembangkan telah melalui validasi dari ahli media dan ahli materi serta telah dilakukan uji coba pada pengguna kelompok kecil dan kelompok besar. Dari berbagai hasil validasi dan pengujian media pembelajaran ini mendapatkan persentase sebesar 87 3% dari ahli media 93 7% dari ahli mater 94 3% dari uji coba kelompok kecil serta 90 1% dari uji coba kelompok besar. Hasil persentase yang didapatkan melalui validasi dan uji coba tersebut secara keseluruhan tergolong pada kategori sangat valid dan sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media game based learning menggunakan mekanisme role playing games (RPG) sebagai penunjang mata pelajaran pemrograman dasar program keahlian Teknik Komputer dan Informatika ini sangat valid dan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194717

Actions (login required)

View Item View Item