Pengembangan bahan ajar matakuliah pengembangan sumber belajar untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa pendidikan teknik informatika Universitas Negeri Malang / Ridwan Widyatmoko - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar matakuliah pengembangan sumber belajar untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa pendidikan teknik informatika Universitas Negeri Malang / Ridwan Widyatmoko

Widyatmoko, Ridwan (2020) Pengembangan bahan ajar matakuliah pengembangan sumber belajar untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa pendidikan teknik informatika Universitas Negeri Malang / Ridwan Widyatmoko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dan observasi terhadap dosen matakuliah Pengembangan Sumber Belajar di Jurusan Teknik Elektro Program studi Pendidikan Teknik Informatika bahwa bahan ajar yang ada saat ini masih berpaku pada materi yang di berikan di depan kelas belum memadai untuk dijadikan sumber belajar mandiri. Unuk mengatasi masalah tersebut diperlukan bahan ajar yang sesuai sehingga mahasiswa dapat dengan mudah memahami materi pembelajaran. Dalam membantu mahasiswa untuk memahami materi yang terdapat dalam bahan ajar dipilihlah model pembelajaran mind mapping pada bahan ajar yang dikembangkan. Model mind mapping merupakan model pembelajaran yang mencatat kreatif yang memudahkan kita mengingat banyak informasi. Siswa melakukan eksplorasi penilaian interpretasi sintesis dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar. Mind mapping dirancang untuk digunakan pada permasalahan komplek yang di perlukan peserta didik dalam melakukan investigasi dalam pembelajaran dan memahaminya. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan menggunakan matode pengembangan Pendefinisian Perancangan Pengembangan Penyebarluasan (4D). Seluruh proses pengembangan terbagi dalam 4 langkah yakni (1) pendrefinisian syarat pengembangan (2) perancangan produk (3) pengujian produk (4) penyebarsualan produk. Hasil penelitian dan pengembangan Buku Ajar Cetak Pengembangan Sumber Belajar menggunakan model mind mapping yang telah dikembangkan dan divalidasi oleh beberapa ahli yaitu (1) ahli materi diperoleh 79 17% (2) ahli media diperoleh 76 04% (3) uji coba kelompok kecil diperoleh 88 57% (4) uji coba kelompok besar diperoleh 92 97% dan rata-rata keseluruhan diperoleh 84 68%. Berdasarkan hasil validasi tersebut dapat dikatakan bahwa secara keseluruhan bahan ajar dinyatakan valid dan layak untuk dipakai dalam proses pembelajaran. Penggunaan bahan ajar cetak dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Apr 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194715

Actions (login required)

View Item View Item